Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘sex’



Semua yang masih baru tentu butuh waktu untuk menjadi expert atau terampil. Residen Kandungan (red:dokter yang dalam masa pendidikan untuk menjadi dokter spesialis kandungan) semester 3 atau 4 misalnya, untuk mengerjakan operasi sesar masih gemetaran dan berkeringat dingin, Tapi jangan tanya kalo pas udah SpOG, bangun tidur masih ngiler juga lancar aja operasi sesar.

Practice makes perfect emang berlaku di segala bidang. Kali ini saya mau menceritakan kejadian yang cukup bikin saya senyum-senyum sendiri. Kejadian ini saya alami di tempat praktek saya, di mana salah satu pasangan suami istri yang terbilang baru saja menikah. Sebelumnya pasangan ini sudah ada beberapa kali konsultasi dengan saya, namun entah kenapa mereka pagi itu tampak bingung dan agak panik masuk ke tempat praktek saya. Muka mereka berdua terlihat agak memerah dan saat ditanya ada keluhan apa, tergagap menjawabnya. Ternyata oh ternyata…..tadi malam mereka habis berbuat dan apesnya kondomnya nyangkut di dalam!!!! Fuuuiiih..untung `operasi` pengambilan barang bukti tersebut berlangsung dengan sukses…dan barbuk segera diamankan…hehehehe…

Ga kebayang kan, kalo kejadian ini anda alami sendiri…???

Read Full Post »


………..

Saya tiba-tiba teringat kejadian beberapa tahun yang lalu. Saat itu saya sedang bertugas di RSUD Klaten, Jawa Tengah.

Salah seorang pasien yang saya tangani ternyata mempunyai kelainan yang sangat jarang, yaitu vagina atau saluran senggamanya terbagi dua. Ini salah satu kelainan yang jarang dijumpai dengan insidensinya 1:21.000 s/d 1:72.000. Sebenarnya bukan itu yang bikin saya heran, tapi lebih kepada kenapa datang ke rumah sakit baru setelah ada tanda-tanda mau melahirkan yang berarti tidak mungkin untuk bisa melahirkan melalui jalan lahir tanpa tindakan khusus.

Dari penilaian dan hasil pemeriksaan, sang pasien bisa melahirkan melahirkan spontan dengan jalan memotong dinding pembatas tersebut. Akhirnya saya panggil suami pasien dan saya jelaskan kondisinya.

Apa jawab suami coba tebak??

`Wah, dok. Itu barang antik Ga semua cowok beruntung kayak saya lho, dok. Bisa ganti-gantian, senin kiri, selasa kanan, dst….Udah dok, sesar aja`

Ternyata suaminya paham dan menikmati betul anugerah yang dia dapatkan….
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


…………………………….

Kadang, di saat-saat tertentu muncul inspirasi yang bermuatan positif. Kemaren sore, saat saya mengerjakan operasi sesar, terjadi perbincangan ringan dengan asisten-asisten saya….

Saya: Sebenarnya, untuk menyelamatkan bangsa ini, hal yang mudah

Asisten 1: Mudah bagaimana, dok??

Saya: Iya, kalo semua elemen bangsa ini meniru filosofi yang diajarkan oleh omentum (red:penggantung usus) maka dunia ini damai dan tenang.

Asisten 2: Lho kok bisa dok??

Saya: Omentum ini sangat mulia tugasnya, kadang juga dianggap remeh dan tidak bermanfaat. Kalo terjadi perdarahan di dalam perut, maka omentum ini akan segera menutup dan membantu menghentikan perdarahan tersebut. Walaupun tugasnya mulia dan bisa menyelamatkan orang, tapi omentum suka dijadiin kambing hitam. Sering sekali dokter operator bedah ngomel-ngomel gara-gara ada perlengketan yang terjadi akibat omentum tersebut, dan seringkali pula omentum tersebut dibuang bagaikan onggokan yang tidak berguna. Jadi, kalo semua orang seperti sang omentum tersebut, maka dijamin dunia ini damai.

Asisten 1 dan 2 mengangguk-angguk entah paham atau tidak

Saya: Lain halnya dengan rahim atau uterus, doi memang sangat besar pengorbanannya hingga 9 bulan menjaga janin yang ada didalamnya. Tapi, satu hal yang menonjol adalah sang rahim/uterus tersebut luar biasa manjanya

Asisten 1 dan 2: ?????

Saya: Iya, manja banget, sering kita harus ngelus-elus dengan kasih sayang baru dia mau kontraksi

Asisten 2: Kalo p*nis, gimana dok?? Bagus dan bisa dijadikan tauladan ga???

Saya: *mikir dalam hati*(halah ini asisten kok ngeres banget, mikirnya ke situ mulu yah)

Tiba-tiba Asisten 1 nyerocos: Ga bagus banget ya dok….masak suka ngeludah di rumah orang

hehehehehehehe saya cuman bisa tersenyum…
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


…………………………….

Senyum merupakan ungkapan hati yang bahagia, apalagi senyum yang mengembang dan disertai pancaran mata yang berbinar-binar….

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman di klinik yang sangat lucu…saya yakin anda sepakat kalo hal ini lucu

Salah satu pasien saya adalah pasangan yang berusia diatas 35 tahun, dan datang dengan keluhan ingin anak karena telah 7 tahun menikah belum dikaruniai anak. Setelah berkonsultasi, menjalani pemeriksaan dan saya jelaskan mengenai kondisi dan program penanganan yang sesuai, selalu saya tanyakan `Gimana, bu?? Sudah jelas?? Atau ada lagi yang mau ditanyakan???`
Sambil malu-malu, sang istri menjawab, `Begini dok, saya ada sedikit permasalahan….`
`Permasalahan apa ni bu?? Disampaikan aja, ga usah sungkan atau malu`
Sambil melirik ke suaminya, sang pasien kembali berkata `Suami saya dok, sepertinya kurang bergairah, jadi agak sulit untuk hubungan. Kalo pun punya suami sudah on, juga ga sanggup bertahan, cepet keluar…`
`Oh, gitu yah. Ga masalah bu, saya akan berikan obat untuk memperbaiki perfomance suami ibu. Gimana, pak? Sanggup kan minum obat?`
Agak tersipu, sang suami jawab lirih `Sanggup, dok.`

Suatu saat setelah satu bulan berlalu, mereka berdua datang ke tempat praktek.
Senyum sang istri mengembang, dan kedua matanya bersinar terang.
Saya langsung menyimpulkan, jangan-jangan sudah hamil nih…Soalnya biasanya pasien Baby Program kalo senyum-senyum kaya gini sudah hamil.

Dokter:`Gimana, bu dan pak?? Haidnya ada terlambat??`
Pasien: `Belum dok.`
Dokter: `Jadi ada perkembangan apa nih??`
Pasien: `Itu dok, obat dokter luar biasa…Suami saya sekarang kalo hubungan bisa tahan lama, bahkan beberapa kali sempet lewat 1 jam masih on`

O, jadi sang pasien senyum-senyum bukan karena sudah berhasil hamil, tapi bisa `mendapatkan` hal baru dari suami yang sebelumnya ga pernah didapatkan..hehehe tau kan hal baru itu apa??

Suami pasien: `Obat dokter emang luar biasa mantap, dok. Pengaruh obatnya bisa tahan berjam-jam lho dok.
Sampai saya dikantor aja masih kerasa dan pengen cepet-cepet pulang hehehe`
Dokter: `Oh, kalo begitu bagus pak, ga papa`
Suami pasien: `Tapi repot juga dok. Bahkan sempet waktu saya sama istri lagi jalan-jalan ke mall, barang saya ga tahan kena gesekan kain celana saya..Jadi tegang, dok..Kan repot juga tuh???`

Sumpah, saya langsung pengen ketawa dan mati-matian saya nahan biar ga bikin pasien dan suaminya malu..
Kebayang kan, lagi jalan di mall, tapi `tegang` datang dan ga bisa diajak kompromi??

`heuheueuuehuheuheuheuehuehuheuehu` >>>> saya baru tertawa lepas setelah pasien ke luar ruangan
Bookmark and Share ……………

Read Full Post »


……………………………

Photo ini adalah photo Nikeisya Sandrica Lahir 17 Juli 2008


Banyak kejadian yang berubah dalam sekejab, mengubah berita gembira menjadi berita sedih, dst….
Tuhan memang merahasiakan segala hal tentang masa depan, dan kita hanya lakon yang menjalani garis kehidupan…Saat dinyatakan hamil, merupakan berita bahagia bagi setiap pasangan, namun kebahagiaan tersebut berubah sekejab menjadi berita yang menyedihkan saat mendapat vonis sebagai hamil diluar rahim / diluar kandungan, apalagi satu saluran telur harus diamputasi.

Saya tulis cerita ini karena kemaren malam, ada kasus yang mirip dengan kasus ini. Pasien saya yang telah saya operasi karena hamil di luar rahim melahirkan kemaren malam dan ajaibnya Tuhan kasih hamil tidak lama setelah operasi yang berarti menutup satu saluran dan menurunkan 50% kemungkinan hamil bila dihitung secara matematis.

Entah kebetulan atau apa, tadi pagi seorang pasien lama saya yang menjalani operasi hamil diluar rahim tahun 2006 datang ke tempat praktek. Pasien tersebut berusia diatas 40thn, baru dikaruniai satu orang anak usia 13 tahun. Tahun 2006, sempat hamil, akan tetapi berita bahagia tersebut sekejab berubah menjadi berita duka saat diketahui hamil diluar rahim, dan diharuskan menjalani operasi yang otomatis menutup satu saluran telur. Bagaimana tidak hancur hatinya saat menghadapi hal tsb?? Sudah sulit mendapatkan kehamilan kedua, pas udah dapet hamil, eh ternyata hamilnya diluar rahim dan terpaksa satu saluran telur hilang.Amazing, doi dateng sudah hamil 8 minggu…..padahal waktu saya operasi tahun 2006, kondisinya sungguh berat untuk bisa hamil lagi. Uh bahagianya, liat si ibu dan sang suami dengan senyum dan tawa riang selalu menghiasi wajahnya……

Baiklah, mari kita simak penuturan salah satu pasien yang menurut saya cukup dramatis, seperti dituturkan di facebook saya

Nikeisya Sandrica at 12:03pm June 6
Buat Teman FB smoga slalu berbahagia !!! (My Story)
Kami Menikah 7 Januari 2007 (Syafrianto & Siska Anjarohani) Mungkin teman2 senam hamil istri saya diawal bros ada yang kenal…lanjut cerita…setelah menikah kira2 6 bulan kami pengen punya anak..pergilah kami kedokter kandungan trus dicek..ternyata istri saya memiliki kista tapi kecil trus beri… obat (Suami istri)…tunggu2 belum juga ada hasil. akhirnya kira2 2 bulan berikutnya istri saya magnya kambuh..sampe2 klo kita pegang tangannya aja langsung bersendawa..perutnya kembung n hanya bisa tiduran saya trus saya bawa ke awal bros jam 1 malam. cek dan ricek (Dokter Umum, Penyakit dalam (Lupa), trus dokter kandungan (Suryo) tunggu2, kira2 jam 2 sore besoknya saya dipanggil oleh dokter suryo katanya ada yang mau diceritakan n istri saya mau dicek..trus saya janji ketemu dokter jam 4.30 bersama istri diruang praktek dokter..cek dan ricek dokter suryo berkesimpulan bahwa ISTRI SAYA HAMIL DILUAR RAHIM (Bersambung)

Nikeisya Sandrica at 12:18pm June 6
Hamil diluar rahim (Lanjutan)….
dan terjadi pendarahan dan harus dioperasi segera karena HB cuman 7 (klo ngak salah ya) yang pasti istri saya dah kuning deh..pada juga kami setuju untuk dioperasi…jam 6.kira2 istri saya dioperasi dan berakhir jam 11.00 (lupa). waktu itu saya laki2 menangis sendiri tanpa saya sadari, saya berjalan disetiap lorong… RS karena saya tidak bisa diam.karena klo saya diam (duduk) saya seperti kapas..melayang2. (Susah saya gambarkan perasaan saya waktu itu). tapi dengan keyakinan dan slalu berdoa saya siap menerima apapun kemungkin yg bakal terjadi. akhirnya jam 12 saya sudah bisa bertemu istri…gembira luar biasa… selama perwatan istri saya slau bersemangat…lingkungan rs yang nyaman..pelayanan yg nyaman membantu meringankan kesedihan yg saya alami saat itu…(teman2 jangan pikir saya bnyak uang….saya pake uang pribadi n Kls III saja, teman bole cek) selma 3 hari dirwat, kondisi istri membaik dan dokter suryo bilang bole pulang. bersambung !!!

Nikeisya Sandrica at 12:27pm June 6
Istri saya dah sehat dari operasinya..tapi ada kenyataan yang barus kami terima yakni istri saya KEHILANGAN SEBELAH INDUK TELUR BAGIAN KIRI (Tanya Dokter Suryo yang benarnya) yang intinya kemungkinan untuk punya anak kecil sekali…knapa…dengan 2 induk telur saja susah punya anak apalagi dengan 1 induk telur….tapi kami tak pernah menyerah…… Read Moredalam masa rawat jalan istri saya, kami slalu berkonsultasi dgn dr. suryo bagaimana cara mendapatkan anak lagi…wkatu berjalan kira2 4 bulan berlaku..istri saya tidak datang bulan, dites pake tespack..tak berhasil (nihil) mulai dari yang murah ampe yang mahal dibeli..jga tak berhasil..trus saya bawa ke rs. awal..trus dokter suryo blg ibu hamil…kami gembira tapi untuk meyakinkan terdarah dilakukan…HASILNYA POSITIF HAMIL…padalah selama 4 bulan kami lalui istri saya dalam masa penyembuhan n kami belum mengkuti program punya anak dari dokter….(baru wacana saja waktu itu…tapi tuhan berkehendak lain)..oke teman2 masih betah….lanjut ya

Nikeisya Sandrica at 12:39pm June 6
Hari demi hari kami lalui…(rutin konsul selama 9 bulan) akhirnya sampelah pada saat yang menegangkan…dokter suryo ktakan waktu hamil 6 bulan..ibu bisa melahirkan normal dengan catatan bayinya tidak bole besar….dan kami setuju untuk melaksanakan program melahirkan normal..(klo operasi sih tak ada aturan…anaknya terserah aja…mau 5 klo jga … bole)..saya tidak sepakat bahwa klo orang sudah pernah operasi jika ingin melahirkan harus operasi juga..nah kami cobalah progam melahirkan normal tersebut…singkat cerita kira2 jam 4 sore ada plek.. dtrus dicek dokter suryo blg udah bukaan 1, ntar mlm nginap ktanya..kira2 jam 12 kami ke rs awal n cek ricek lagi belum juga…tunggu2 (H2C) sampe besok masih juga bukaan 1, kasih obat, infus ngak juga..bsok lagi bukaan 1 mau 2…kok susah ya…cemas lagi nih…ampe istri marah2 n minta operasi saja…trus dokter suryo bilang.. ngak usah..ntar lagi kok…istri, saya, keluarga dah positif operasi saja …bersambung lagi.

Nikeisya Sandrica at 12:51pm June 6
Kira2 jam 8 dokter masuk..cek n bilang klo mau operasi sih gampang tapi x lagi dokter suryo saranin sabar aja sebentar lagi…trus obat perangsang ditambah..wah saya tambah cemas…sakitnya udah hitungan menit n detik…tanpa sadar istri saya udah bukaan 10 diruang inap n langsung dibwa ke ruang bengkel bersalin…15 menit nikeisya lahir…rasanya … wow..fantastis…senang banget…..(Hari Kamis, Jam 10.15, Berat, 2.5 Kg. Tinggi 46 Cm) inilah kisah kami..mudahan buat teman2 yang punya masalah sama dgn kami, kami sekeluarga dengan senang hati sharing… Yang Pasti Slalu Berusaha n Berdoa..n kami mohon maaf klo dalam kisah kami ini ada kata2 yang kurang bagus/kurang berkenan..kami sekeluarga mohon maaf….thank for all attention…bye….bye

Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


……………………
Habis Operasi Sesar Langsung Hamil?? Oh My God!! (true story)

Proses Kelahiran Jagad, Mrs Vicky`s baby boy

Kita sering mendengar ibu-ibu yang sangat khawatir ketika mengetahui dia hamil lagi, padahal operasi sesar belum lama berselang.

Stres yang muncul ini bisa jadi masalah besar karena tubuh kita ada dibawah kendali pikiran kita (the body is under mind). Stres akan bertambah berat saat melakukan pemeriksaan di dokter dan divonis sebagai hal yang sangat berbahaya dan bahkan harus dilakukan aborsi.

Mari kita simak salah satu penuturan pasien saya yang mengalami hal tsb, semoga bermanfaat

Vicky Diah Saputro
hmm.. ini story ttg anak keduaku..
kata orang2, menyusui itu KB alami dan karena velencia ASI eksklusif maka aku ga ikut KB. stlh melahirkan valencia di bulan juli 2007, hanya sekali aku mens di bulan desember 2007. maret 2008, saat aku di solo karena suami ada tugas sekolah di bandung, iseng2 aku tes kehamilan dan hasilnya positif. aduhh.. stres berat deh karena valencia baru 8 bulan dan masih ASI. saat aku periksa kehamilan ke dokter,

selalu dokter bilang kalo kehamilanku berbahaya karena selisih anak pertama dan kedua hanya sedikit sehingga resiko rahim sobek ketika melahirkan akan sangat tinggi (valencia lahir melalui SC). saking stres dan takutnya, aku ganti2 dokter kandungan sampai 3 kali. semua jawabannya sama. bahkan ada satu dokter yg mengusulkan agar kehamilanku digugurkan saja.

uhhhhhhh… it was really hard for me. akhirnya aku konsultasi dg dr. suryo melalui telpon dan dr. suryo meyakinkanku bahwa semua akan baik2 saja.

Sangat berat beban yang dialami Mrs Vicky, apalagi mendengar vonis dokter yang menyampaikan bahwa kehamilan kedua tersebut sangat berbahaya, ada yang menambahkan harus dilakukan aborsi. Mrs Vicky mencari second opinion, bahkan third opinion dokter kandungan lain tapi sama saja hasilnya.

Yang dibutuhkan oleh Mrs. Vicky adalah support dan penjelasan yang obyektif mengenai masalah tersebut.
Semua risiko mengenai rahim sobek dll memang harus disampaikan, namun penyampaiannya jangan terlalu horror lah. Perlu juga diimbangi dengan informasi bagaimana mencegah hal tersebut dengan pemeriksaan dan observasi yang rutin dan lebih ketat dibanding kehamilan biasa.

Vicky Diah Saputro
mei 2008 aku kembali ke pekanbaru. dan tanggal 20 09 2008 jam 20.07 lahirlah anak keduaku dengan pertolongan dr. suryo. alhamdulillah.. anakku sehat dan rahimku pun tidak ada masalah. ketakutan dan kekuatrianku selama kehamilan yg kedua musnah sudah.. 🙂

Syukur akhirnya sang baby boy bisa lahir sehat…menggenapi kakaknya yang perempuan, udah pas sepasang akhirnya deh
Jadi, buat yang mengalami kasus serupa, jangan cemas dan khawatir……
Lakukan pemeriksaan ketat dengan dokter kandungan, dan melahirkan juga dengan dokter kandungan

Regards
Dr Suryo Bawono, SpOG
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »