Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘nutrisi’


…….
Pertanyaan ini seriing banget saya dengar dari pasien-pasien, `Dok, saya udah isi lagi…gimana yah menyusuinya?? Lanjut or stop??`

Hal ini bukan hal yang sepele lho…Karena lingkungan sekitar mulai dari ortu ibu, tetangga, teman, dan sebagainya pasti sibuk kasih komen dan kasih masukan yang malah bikin simpang siur. Banyak yang bilang kalo hamil lagi sedangkan masih menyusui akan menyebabkan keguguran, cacat dan segala macam kemungkinan buruk lainnya. Apakah hal ini benar atau tidak??

Secara medis bila menyusui maka akan memicu produksi hormon yang menyebabkan kontraksi rahim. Ternyata hal tersebut hanyalah teori, karena tidak ditemukan bukti bahwa menyusui selama kehamilan akan menyebabkan gangguan janin, prematuritas, atau keguguran. Jadi bila anda mengalami hal tersebut, maka lanjiutkanlah menyusui dan kehamilannya juga. Hal ini disebut sebagai Tandem Nursing.

Selama ini saya selalu memberikan penjelasan kepada pasien bahwa Tuhan adalah Maha Adil, dan tidak akan Tuhan memutuskan ikatan ibu dan sang kakak saat kehadiran sang adik dalam perut ibu.

Semoga bermanfaat
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


…………
Dok, Kalo Hamil Ga Bisa Minum Susu Gimana???

Kita masih terus terngiang jargon jadul `Empat Sehat Lima Sempurna` yang kita dengar sejak kita kecil. Komponen 4 makanan yang disempurnakan dengan susu. Sebenarnya hal itu sekarang sudah berubah menjadi `Gizi Seimbang` dan komponen susu tidak termasuk di dalamnya lho….

Coba kita lihat Pedoman Gizi Seimbang
Dalam pedoman umum gizi seimbang terdapat 12 (dua belas) pesan yang perlu diperhatikan yaitu :

1. makanlah aneka ragam makanan,
2. makanlah makanan yang memenuhi kecukupan energi,
3. pilihlah makanan berkadar lemak sedang dan rendah lemak jenuh,
4. gunakan garam beryodium,
5. makanlah makanan sumber zat besi,
6. berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 4 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya,
7. biasakan makan pagi
8. minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya,
9. lakukan aktifitas fisik secara teratur,
10. hidari minumanyang berakohol,
11. makanlah makanan yang aman bagi kesehatan,
12. bacalah label pada makanan yang dikemas.

Beberapa pasien saya yang datang untuk periksa kehamilannya sering menanyakan `Dok, Kalo Hamil Ga Bisa Minum Susu Gimana???` atau `Dok, Kalo Hamil Minum Susu Apa yang baik???`
Saya selalu sampaikan kepada pasien, bila memang tidak mau minum susu selama kehamilan itu tidak lah masalah. Jangan dipaksakan kalau memang tidak mau dan tidak bisa minum. Kadang ibu hamil baru nengok susu saja sudah mual, apalagi dipaksa minum.

Bagi saya, gizi untuk ibu hamil yang penting adalah dari buah-buahan segar dan sayur-sayuran. Buah-buahan segar yang mengandung komponen yang sangat bagus dan menyehatkan misalnya: apel, tomat, alpukat, jeruk, pisang, wortel, dan lain sebagainya. Cara mengolahnya bisa dengan disajikan sebagai buah potong atau bisa dibikin jus. Kelebihan jus adalah bisa dicampur berbagai macam buah jadi satu. Tapi, jangan menggunakan pemanis buatan, bila memang pengin ditambahkan maka gunakan gula pasir biasa, serta jangan ditambahkan susu didalam jus tersebut karena mengganggu penyerapan.

Minum susu saat hamil?? Mau minum, boleh…Ga mau minum, silakan
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »