Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘konsultasi’


..

Haddad, lovely tough baby boy

Adela Angra
Baby Boy ” TENGKU SYED MUHAMMAD HADDAD

” Syukur alhamdulillah atas karunia dan rahmat yang telah engkau berikan ya ALLAH…. Setelah Menjalani program dari dr.Suryo di bulan ke 7 Saya dinyatakan positif hamil. Baby yang sudah lama kami nantikan selama 3 tahun, akhirnya lahir pada tgl 17 Agustus 2009. Sekarang saya suda…h bisa merasakan betapa indahnya menjadi seorang ibu. Thank’s to dr.Suryo atas dukungan dan semangatnya selama saya menjalani program.

Yesterday at 11:28pm via Facebook Mobile Bookmark and Share
……………….

Advertisements

Read Full Post »


..

Happy family and their gorgeous baby boy

Tulisan-tulisan saya disini untuk dishare dengan pembaca terutama mereka yang menghadapi masalah yang sama. Harapan saya dengan ini maka bisa membangkitkan motivasi, dan memberikan inspirasi untuk mereka yang masih berusaha mendapatkan buah hati dan buah cinta kasih.

Tidak bosan-bosannya saya selalu memaparkan tentang Kuasa Tuhan yang tidak perlu diragukan lagi. Tuhan Maha Berkehendak yang jangankan merubah siang menjadi malam, merubah matahari terbit dari barat pun hal yang mudah untuk-Nya, apalagi hanya sekedar berkehendak untuk menjadikan suatu kehamilan.

Kali ini saya akan sampaikan suatu kisah nyata dimana pada kondisi yang secara medis menurut perhitungan manusia sulit terjadi, namun ternyata bisa terjadi atas kehendak Tuhan tentunya. Kondisi kista coklat dan endometriosi stadium lanjut sangat berat untuk mendapatkan kehamilan apalagi bila terjadi pecahnya kista coklat tersebut dengan sebaran endometriosis yang luas di dalam rongga perut. Kista coklat dan endometriosis menghambat untuk terjadinya proses kehamilan melalui distorsi secara mekanik maupun secara kimiawi dengan adanya reaksi inflamasi yang ditimbulkannya.

Saya kutipkan sebuah tulisan dari halaman facebook saya dibawah ini


Ahmad Najmi
tahun 2005 kami menikah di bulan november dan tdk ada program untk menunda kehamilan,dan alhamdulilla istri saya hamil setelah 1 bl kami menikah. Senang, pasti bahkan terlalu senang. Namun kebahagiaan kami hanya sebentar. 5 minggu usia kehamilan, istri saya keguguran. Sedih jg, tp kami tak ingin larut, kami trus brusah…a. 2 tahun berjalan tak jg ada tanda2 kehamilan. Sampai akhirnya istri saya divonis kista stadium 4 oleh dr lily. Jln satu2nya adalah operasi. Namun tdk kami lakukan krn istri saya tkt bila operasi akan sulit hamil. Sampai pd suatu ketika kista istri saya pecah dan membuat kondisi istri saya sgt lemah. Dan saya larikan ke RS. Di RS saya mencari dr lily namun dr lily sedang sibuk dgn pasien lain, lalu kami menanyakan dr yg ada pd saat itu, krn kondisi istri saya sdh sangat lemah. Akhirnya pihak RS menawarkan dr suryo kpd saya dan saya menyutujuinya, sampai akhirnya ditangani oleh dr suryo dgn jln operasi. Krn yg terpenting saat itu adalah kondisi istri saya…bersambung
See More
5 hours ago

Ahmad Najmi
begitulah awal kami kenal dgn dr suryo. Selanjutnya kami berkonsultasi dgn dr suryo tentang dampak dr operasi tsb dgn beliau,dan dr suryo memberikan keyakinan pd kami bahwa istri saya bs hamil lg, hal itu penting buat kami terutama istri saya karena sempat down secara mental, karena komukasi yang baik dgn dr suryo maka… kami putuskan untuk beralih ke dr suryo guna menjalani program hamil. Sampai bln ke 8 program tsb istri saya dinyatakan hamil. Singkat crita tepat 24 desember anak kami lahir dgn bantuan dr suryo. Saat itulah merupakan hari yg plg membahagiakan kami berdua. Terima ksh ya ALLOH SWT. Jg kpd dr suryo yg dgn sabar membantu kami untk memiliki keturunan…good job dr, tdk bnyk dr spt anda di pku…lengkap sdh hidup kami krn ada nael anak kami, dan skrg insyaalloh nael akan punya adik dan dr pasti tahu kmana kami akan berkonsultasi untk kehamilan kedua istri saya…hehe…skali lg trima ksh dok. Dan jgn pernah brubah,tetaplah spt dr suryo yg kami kenal…wasalam
See More
4 hours ago

Setelah membaca tulisan di atas, semoga akan memberikan spirit dan sikap positif untuk selalu berusaha. Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


…setelah ditunggu 2 thn akhirnya datang juga…congrat ya for Mrs Fatimah Ulfa and husband Mr Anwar Sani…
semoga menjadi anak yang selalu membawa kebahagiaan buat orang tuanya dan menjadi anak yang salehah..amin

Mrs Fatma Ulfa and Mr Anwar Sani and their beautiful baby girl

quote from facebook
“Baby Program’s with Dr Suryo”
Alhamdulillah lahir putri pertama kami tanggal 5/11/09, normal lewat pertolongan Dr. Suryo, bayi yang telah kami tunggu selama 3 tahun. Thanks to Dr. Suryo dengan programnya selama ini, dokter yang disiplin (boleh dibilang galak, hehehe) dengan prinsip2nya sebagai dokter…” Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


……
Kehamilan merupakan kondisi yang saat berat bagi perempuan, baik secara fisik maupun psikis. Banyak ibu hamil yang makin membaca tentang kehamilan, bukannya maikn tenang tapi malah makin stress dan ketakutan. Belum lagi ditambah dengan bisik-bisik tetangga, kerabat maupun orang-orang disekitarnya.

Salah satu hal yang mencemaskan para ibu (dan suami tentunya) adalah bila saat kehamilan sang ibu terkena cacar. Hal ini juga saya alami di klinik saat berhadapan dengan para pasien. Rata-rata ibu hamil yang terkena cacar apalagi saat kehamilan muda, akan berpikiran sang anak pasti cacat nantinya.

Selalu saya tekankan, bahwa manusia adalah mahluk yang sempurna. Dan Tuhan sudah membekali manusia dengan sistem pertahanan termasuk perlindungan terhadap sang janin. Jadi bila sang ibu hamil menderita suatu kondisi yang tidak menguntungkan seperti infeksi cacar, maka tidak serta merta akan berdampak ke sang janin.

Apa yang harus dilakukan bila ibu hamil kena cacar apalagi saat hamil muda?? Yang harus dilakukan adalah memperbaiki kondisi sang ibu dengan memperbaiki kualitas asupan makanan serta memberikan suplemen vitamin yang kuat dan lengkap. Infeksi cacar merupakan infeksi virus yang biasanya akan membaik sendiri oleh karena sifatnya self limiting disease alias sembuh sendiri oleh daya tahan atau sistem imun tubuh. Hal yang penting lagi perlu dilakukan adalah dengan pemeriksaan ultrasound untuk fetal survey janin apakah ada kelainan ataukah normal-normal saja.

Pernah suatu ketika datang pasien dalam keadaan stress berat ke klinik. Sang pasien menangis di ruang praktek saya dan sang suami pun sangat cemas. Ternyata pasien sedang hamil anak ketiga, umur kehamilan 6 minggu dan menderita cacar. Mereka memaksa untuk dilakukan aborsi karena ketakutan bila sang anak nantinya cacat. Setelah saya melakukan pemeriksaan dan didapatkan kondisi janin baik, maka saya jelaskan ke mereka dan saya anjurkan untuk kehamilan dilanjutkan dengan catatan periksa kehamilan berikutnya harus rutin. Akhirnya mereka setuju untuk dilanjutkan kehamilannya meskipun awalnya dengan rasa cemas dan ketakutan. Tiba saatnya persalinan, sang bayi lahir normal dan sehat berjenis kelamin laki-laki, serta menggenapi dua orang kakanya yang perempuan!!!

Kasus yang lain akan saya sampaikan kutipan dari pasien saya yang kebetulan merupakan peserta Baby Program. Silakan simak kutipannnya….

Ny Yetty Purwanti dan si kecil yang cantik dan sehat


Yetty Purwanti December 31, 2009 at 8:01am

Finally, setelah menunggu selama 4 thn.. tepat sebln setelah ‘anniversary’ kami sy positif hml. Melewati 2x inseminasi & berbagai terapy dan terkena cacar saat hml, akhirnya pd bln oktober 2009 lalu lahirlah putri pertama kami yg bernama ‘Kirana Hananingtyas’ dgn sehat n sem…purna.. Terimakasih ya ALLAH SWT, alhamdulillah wasyukurillah..

Jadi….janganlah cemas…berkonsultasilah dengan dokter kandungan kepercayaan anda bila anda hamil dan terkena cacar
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


…….
Pertanyaan ini seriing banget saya dengar dari pasien-pasien, `Dok, saya udah isi lagi…gimana yah menyusuinya?? Lanjut or stop??`

Hal ini bukan hal yang sepele lho…Karena lingkungan sekitar mulai dari ortu ibu, tetangga, teman, dan sebagainya pasti sibuk kasih komen dan kasih masukan yang malah bikin simpang siur. Banyak yang bilang kalo hamil lagi sedangkan masih menyusui akan menyebabkan keguguran, cacat dan segala macam kemungkinan buruk lainnya. Apakah hal ini benar atau tidak??

Secara medis bila menyusui maka akan memicu produksi hormon yang menyebabkan kontraksi rahim. Ternyata hal tersebut hanyalah teori, karena tidak ditemukan bukti bahwa menyusui selama kehamilan akan menyebabkan gangguan janin, prematuritas, atau keguguran. Jadi bila anda mengalami hal tersebut, maka lanjiutkanlah menyusui dan kehamilannya juga. Hal ini disebut sebagai Tandem Nursing.

Selama ini saya selalu memberikan penjelasan kepada pasien bahwa Tuhan adalah Maha Adil, dan tidak akan Tuhan memutuskan ikatan ibu dan sang kakak saat kehadiran sang adik dalam perut ibu.

Semoga bermanfaat
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »



Semua yang masih baru tentu butuh waktu untuk menjadi expert atau terampil. Residen Kandungan (red:dokter yang dalam masa pendidikan untuk menjadi dokter spesialis kandungan) semester 3 atau 4 misalnya, untuk mengerjakan operasi sesar masih gemetaran dan berkeringat dingin, Tapi jangan tanya kalo pas udah SpOG, bangun tidur masih ngiler juga lancar aja operasi sesar.

Practice makes perfect emang berlaku di segala bidang. Kali ini saya mau menceritakan kejadian yang cukup bikin saya senyum-senyum sendiri. Kejadian ini saya alami di tempat praktek saya, di mana salah satu pasangan suami istri yang terbilang baru saja menikah. Sebelumnya pasangan ini sudah ada beberapa kali konsultasi dengan saya, namun entah kenapa mereka pagi itu tampak bingung dan agak panik masuk ke tempat praktek saya. Muka mereka berdua terlihat agak memerah dan saat ditanya ada keluhan apa, tergagap menjawabnya. Ternyata oh ternyata…..tadi malam mereka habis berbuat dan apesnya kondomnya nyangkut di dalam!!!! Fuuuiiih..untung `operasi` pengambilan barang bukti tersebut berlangsung dengan sukses…dan barbuk segera diamankan…hehehehe…

Ga kebayang kan, kalo kejadian ini anda alami sendiri…???

Read Full Post »


…………
Dok, Kalo Hamil Ga Bisa Minum Susu Gimana???

Kita masih terus terngiang jargon jadul `Empat Sehat Lima Sempurna` yang kita dengar sejak kita kecil. Komponen 4 makanan yang disempurnakan dengan susu. Sebenarnya hal itu sekarang sudah berubah menjadi `Gizi Seimbang` dan komponen susu tidak termasuk di dalamnya lho….

Coba kita lihat Pedoman Gizi Seimbang
Dalam pedoman umum gizi seimbang terdapat 12 (dua belas) pesan yang perlu diperhatikan yaitu :

1. makanlah aneka ragam makanan,
2. makanlah makanan yang memenuhi kecukupan energi,
3. pilihlah makanan berkadar lemak sedang dan rendah lemak jenuh,
4. gunakan garam beryodium,
5. makanlah makanan sumber zat besi,
6. berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 4 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya,
7. biasakan makan pagi
8. minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya,
9. lakukan aktifitas fisik secara teratur,
10. hidari minumanyang berakohol,
11. makanlah makanan yang aman bagi kesehatan,
12. bacalah label pada makanan yang dikemas.

Beberapa pasien saya yang datang untuk periksa kehamilannya sering menanyakan `Dok, Kalo Hamil Ga Bisa Minum Susu Gimana???` atau `Dok, Kalo Hamil Minum Susu Apa yang baik???`
Saya selalu sampaikan kepada pasien, bila memang tidak mau minum susu selama kehamilan itu tidak lah masalah. Jangan dipaksakan kalau memang tidak mau dan tidak bisa minum. Kadang ibu hamil baru nengok susu saja sudah mual, apalagi dipaksa minum.

Bagi saya, gizi untuk ibu hamil yang penting adalah dari buah-buahan segar dan sayur-sayuran. Buah-buahan segar yang mengandung komponen yang sangat bagus dan menyehatkan misalnya: apel, tomat, alpukat, jeruk, pisang, wortel, dan lain sebagainya. Cara mengolahnya bisa dengan disajikan sebagai buah potong atau bisa dibikin jus. Kelebihan jus adalah bisa dicampur berbagai macam buah jadi satu. Tapi, jangan menggunakan pemanis buatan, bila memang pengin ditambahkan maka gunakan gula pasir biasa, serta jangan ditambahkan susu didalam jus tersebut karena mengganggu penyerapan.

Minum susu saat hamil?? Mau minum, boleh…Ga mau minum, silakan
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »