Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘keguguran’



Indria Sari Yolanda (Ipoy)
Submitted on 2010/11/23 at 5:41 pm

Assalammualaikum Wr. Wb…

Hi all.. Especially Dr. Suryo and para Moms ^^
Pengen berbagi pengalaman & semangat.

Alhamdulillah.. Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia dan amanah kepada keluarga kami, setelah penantian 2 tahun usia pernikahan..
Akhirnya buah hati yang dinanti lahir tgl 24 Oktober 2010..
” Aikori Lintang Ghassani ”
Penantian tersebut memang tidak terlalu lama bagi beberapa pasangan…
Namun ga ada salahnya membaca sharing saya ini kan Moms..

Sedikit berbagi cerita kepada para Ibu, anak pertama kami ini lahir dari kehamilan saya yang ketiga..
Setelah sebelumnya mengalami keguguran 2x 😦
Kehamilan pertama, gugur di usia 8minggu, dan kehamilan yg kedua gugur di usia 12minggu (yang kedua ini katanya janin tidak berkembang)
Sedihnya? Luar biasa..
Sempat terpikir dalam hati saya, ada apakah gerangan dengan rahim saya??
Apakah setiap hamil, akan terus mengalami keguguran..
(Yang pada akhirnya saya menyadari pikiran-pikiran negatif tersebut ga penting dan tidak usah dipelihara, heheheheee)

Pasca keguguran yg kedua, saya mulai mencoba konsultasi ke dokter Suryo, setelah saya dan suami menceritakan tentang pengalaman saya sebelumnya (curhat habislah sama si dokter, hehehe..), dr.Suryo meyakinkan tidak ada kelainan apa-apa dgn rahim saya, semua normal, dan segera saja program hamil lagi, begitu katanya.
Satu bulan setelah konsultasi tersebut, Alhamdulillah saya hamil yang ketiga, dengan pengalaman dan ilmunya, penanganan agar janin saya kuat dan berkembang normal dilakukan, dokter juga berbagi tips agar janin sehat, si ibu sehat dan tetap bisa bekerja seperti biasa.
Tidak lupa disiplin memeriksakan kehamilan sesuai jadwal yang diberikan dokter (ini penting lohhh…)
Dan saya selalu mengkonsultasikan apabila ada hal yang saya ragu, misalnya berpuasa selama hamil, melakukan perjalanan keluar kota, penerbangan dengan pesawat (Alhamdulillah dr.Suryo mau menjawab telpon dan membalas sms saya… Thanks, dok !)

Setiap ibu, pasti punya pengalaman sendiri dengan kehamilannya, ada yang lancar-lancar saja, ada yang penuh cobaan, ada juga yang masih harap-harap cemas menanti kapan hamil…
Intinya adalah tetap berusaha dan disiplin dengan apa yang sedang diusahakan..
‘Never Ending Ihktiar’ 🙂

Thanks to dr.Suryo.. and wait us for next program…

Wassalammualaikum Wr. Wb

selamat ya buat Mrs Indria dan keluarga, semoga si kecil tumbuh sehat dan kuat dan kisahnya bisa membangkitkan semangat para moms yang mengalami hal yang sama.
ditunggu share pic-nya yah
Bookmark and Share

Read Full Post »


Sering kali pasien menjadi putus asa dan patah harapan tatkala harus mendengar vonis dari dokter untuk menjalani kuretase. Banyak juga awam yang berpendapat bahwa setelah dikuret jadi sulit untuk hamil dan masih jauh impian untuk mendapatkan buah hati. Hal itu tidak benar sama sekali. Beberapa waktu yang lalu, dalam waktu yang berdekatan ada pasien baby program yang kebetulan juga perjalanannya hampir sama, yaitu sebelumnya menjalani tindakan kuretase dan ternyata bisa langsung kurang dari 3 bulan untuk hamil lagi.

Pasangan yang berbahagia tersebut adalah pasangan Dr. Vandra-Mrs Devi dan pasangan Mrs Sarmawati-Mr Hafiz. Saya mengucapkan selamat atas kehadiran sang buah hati, semoga kelak menjadi anak yang berbakti dan sukses dunia akherat. Semoga juga kisah kelahiran mereka menjadi motivator dan inspirator bagi keluarga yang lain yang mengalami hal yang sama. Amin.

Beberapa kisah yang lain bisa anda simak di halaman lain.

Read Full Post »



Saya lebih memilih teori untuk langsung dilakukan baby program setelah mengalami keguguran, namun tentu dipastikan dulu bahwa segalanya ok. Beberapa kisah terdahulu yang langsung hamil antara lain: Mrs Vicky, Zaidane dan Zacky, Mrs Desti, dan masih banyak lainnya yang belum sempet ditulis.

Intinya adalah, sejauh pengalaman saya, ternyata hasilnya sangat bagus untuk langsung dilakukan baby program segera setelah keguguran. Hal ini juga sangat positif untuk mengobati sisi psikologis pasien.

Beberapa waktu yang lalu saya menangani proses persalinan Mrs Tusiyanti, saya masih terbayang saat awal berjumpa dengan Mrs Tusiyanti dan Mr Istiawan yang sangat stress karena mengalami keguguran dan langsung kita planning untuk baby program. Ternyata tidak sampai dua bulan berselang sudah hamil lagi dan akhirnya sang baby lahir selamat secara normal. Bookmark and Share <!– AddThis Button

Read Full Post »


Vicky Diah Saputro
dr. suryo adalah seorang teman lama yg ga sengaja ketemu di ugd rs awal bros pekanbaru waktu aku keguguran anak pertama, oktober 2006. saat keguguran itu, aku sempat stres karena itu adalah kehamilan yg ditunggu2 oleh suamiku dan seluruh keluarga besar. waktu itu dr. suryo membesarkan hati suamiku, katanya “tenang aja.. aman tuh. abis ini langsung program”.
awalnya aku ragu.. deg2an.. orang2 bilang kalo abis keguguran nti susah hamil lagi.
but it was a miracle.. november 2006 aku dinyatakan positif hamil. whatta surprise! 😉
juli 2007 aku melahirkan anak pertamaku, valencia, melalui SC oleh dr. suryo tepatnya pada tanggal 20 07 2007 pk. 20.07. nice n lucky number, isnt it? 🙂
6 hours ago

Tulisan ini untuk menjawab salah satu pertanyaan tentang kapan boleh hamil lagi setelah keguguran.

Read Full Post »


….

Si Kembar Belum Lama Setelah Kelahiran


Dua hari yang lalu saat saya sedang praktek, tiba-tiba berdering handphone saya. Ternyata pasien lama saya menelepon, mereka berniat mencari saya ditempat praktek saya untuk kasih surprise. Namun ternyata saya sudah berpindah praktek ditempat yang baru. Akhirnya tidak jadi bertemu, karena mereka dari luar kota dan waktu sudah larut.

Tidak lama kemudian masuk MMS (photo dan pesan singkat) dari mereka:
`Alhamdulillah..atas bantuan dokter, Muhammad Zaidane Rakha Ghani Prasetyo dan Muhammad Zacky Rakha Ghani Prasetyo yang lahir tanggal 13 Agustus 2008 dengan berat 2,3 kg dan 2,2 kg dapat tumbuh dengan sehat`

Si Kembar Bersama Kedua Orang Tuanya

Kisah dari pasangan mrs Dian Eminingtyas dan mr Edi ini bagi saya juga sangat berkesan. Pertama kali berjumpa saya, pasangan yang baru menikah ini langsung bisa hamil. Kebahagiaan sangat nampak pada mereka, dengan kehamilan yang pertama tersebut. Namun semuanya tiba-tiba berubah, saat terjadi keguguran dan harus dibersihkan kehamilannya. Saya berusaha untuk membesarkan hati keduanya. `Mungkin ini lebih baik, kalau memang kehamilannya tidak bagus. Dari pada nanti usia kehamilannya lebih lanjut tentu lebih berat menghadapinya. Kita usaha lagi, langsung kita bantu dengan program untuk kehamilan berikutnya, ok??`

Dan ternyata, tidak butuh waktu lama, kurang dari 3 bulan sang istri saya diagnosis hamil, tepatnya pada tanggal 24 Januari 2008…..sekaligus kembar!!
Saya sampaikan ke mereka, Tuhan langsung mengganti yang hilang kemaren, tidak tanggung-tanggung, langsung ditambah bonusnya.

Si Kembar Udah Gede Yah

Pelajaran yang bisa dipetik dari sini adalah, Tuhan tidak pernah bisa ditebak. Roda kehidupan selalu berputar, sedih dan gembira datang bergantian. Kita harus tegar saat kita mendapatkan musibah, dan kita jangan berlebihan saat mendapatkan anugerah.
Bookmark and Share

Read Full Post »


Anugrah Terindah.....


..Kejadian buruk dan seberat apapun jangan mengecilkan hati kita, tapi sebaliknya harus meningkatkan usaha kita untuk mencapai apa yang kita harapkan diimpikan. Berikut ini saya kutipkan tulisan dari salah satu pasien saya pasangan Zaenal Mutaqin dan Siti Nurma Destiana, semoga bisa memberikan pencerahan untuk kita semua.

Saya ucapkan puji dan syukur kepada TUHAN Yang Maha Esa karena rahmat-Nya saya telah diberikan anugerah yang indah dalam hidup ini. Pada tanggal 8 maret 2009 anak kami lahir dengan selamat. Kami amat begitu bahagia dan tak henti mengucapkan syukur yang begitu dalam dan terima kasih yang tak terhingga pada dokter Suryo, karena dengan pertolongan beliau saya dapat melahirkan dengan proses normal. Dengan kesabaran dan semangatnya membuat saya bangkit dan bertahan, terasa lengkap sudah hidup ini saya telah menjadi wanita seutuhnya.

Walau dulu saya sempat ragu dan depresi setelah mengalami keguguran di kehamilan pertama. Waktu itu saya baru menikah 1 bulan saya mengalami gejala ngidam lalu saya ke dokter kandungan tapi dokter yg pertama bilang tidak hamil atau hamil di luar kandungan kalau begitu harus di gugurkan dgn meminum obat sebelum usia kehamilan semakin besar, atau kemungkinan janin masih terlalu kecil belum terdeteksi alat USG, maka untuk memastikan 1 minggu saya di suruh kontrol ulang. Mendengar ucapan dokter tersebut membuat saya kecil hati. Tuhan mengapa aku di berikan cobaan di awal pernikahan. Setelah 2 minggu saya balik ke RS yg sama namun saya minta dokter yg lain siapa tahu analisanya tdk sama. Di situlah kami mengenal dokter Suryo. Ketika di periksa saya begitu cemas takut pernyataan yg sama akan saya dengar, namun Alhamdulillah dokter suryo bilang saya hamil normal berkembang dgn baik dan sehat, di situ saya mulai yakin untuk menjadi pasien dokter Suryo.

Namun Tuhan menguji kami setelah usia kandungan saya 8 minggu tiba-tiba saya mengalami pendarahan saya terus menelpon dokter Suryo, setelah 3 hari kami ke RS, setelah di periksa ternyata janin saya telah hancur dan harus di kuret malam itu juga kami menginap tanpa persiapan. Hati saya begitu sakit seolah-olah kebahagian terenggut begitu saja. Tapi dokter Suryo dan suami saya memberi semangat yang begitu besar menguatkan hati saya sehingga mampu melawati cobaan ini. Setelah pulang ke rumah tetangga yg menjenguk bukan memberi semangat malah berkata yg membuat saya kecil hati dan putus asa mereka bilang kalau anak pertama keguguran suka susah punya anak lagi, banyak contohnya sampai ada yg tidak punya anak. Setiap hari tetangga yg menjenguk berkata begitu. Tapi orang tua, suami, dokter Suryo dan saudara-saudara saya mengatakan tidak, hanya Allah yg berkehendak atas segala.

Setelah kontrol dokter Suryo memberi obat penyubur dgn sgala nasehat-nasehatnya yg begitu menyejukan hati dan dukunganya membuat saya besar hati.

2 bulan berganti akhirnya Allah memberikan kepercayaan dgn kahamilan saya yg ke 2, saya dan suami amat begitu senang. Dokter memberi obat penguat dan vitamin, kami pun rajin kontrol memeriksakan kahamilan. Dengan sepenuh hati saya menjaga kandungan agar tidak terulang kekecewaan yg kedua kalinya. Mungkin kami sering menggangu Dokter dgn tlp apabila terasa sesuatu di perut saya, tapi untung dokter orang yg sabar sepenuh hati mendengar keluhan dan memberi solusinya, terimakasih dokter Suryo telah banyak membantu dangan sabar, telaten dan begitu ramah.
Dengan humor dan keramahan dokter menenangkan hati, jadi tdk membuat tegang saat menyampaikan sesuatu pada pasien dengan ucapan yg halus jadi tdk membuat pasien depresi hehe….terimakasih dok.jangan pernah bosan membantu saya.

Salam hangat dari Zaenal Mutaqin dan Siti Nurma Destiana.
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


……
Kehamilan merupakan kondisi yang saat berat bagi perempuan, baik secara fisik maupun psikis. Banyak ibu hamil yang makin membaca tentang kehamilan, bukannya maikn tenang tapi malah makin stress dan ketakutan. Belum lagi ditambah dengan bisik-bisik tetangga, kerabat maupun orang-orang disekitarnya.

Salah satu hal yang mencemaskan para ibu (dan suami tentunya) adalah bila saat kehamilan sang ibu terkena cacar. Hal ini juga saya alami di klinik saat berhadapan dengan para pasien. Rata-rata ibu hamil yang terkena cacar apalagi saat kehamilan muda, akan berpikiran sang anak pasti cacat nantinya.

Selalu saya tekankan, bahwa manusia adalah mahluk yang sempurna. Dan Tuhan sudah membekali manusia dengan sistem pertahanan termasuk perlindungan terhadap sang janin. Jadi bila sang ibu hamil menderita suatu kondisi yang tidak menguntungkan seperti infeksi cacar, maka tidak serta merta akan berdampak ke sang janin.

Apa yang harus dilakukan bila ibu hamil kena cacar apalagi saat hamil muda?? Yang harus dilakukan adalah memperbaiki kondisi sang ibu dengan memperbaiki kualitas asupan makanan serta memberikan suplemen vitamin yang kuat dan lengkap. Infeksi cacar merupakan infeksi virus yang biasanya akan membaik sendiri oleh karena sifatnya self limiting disease alias sembuh sendiri oleh daya tahan atau sistem imun tubuh. Hal yang penting lagi perlu dilakukan adalah dengan pemeriksaan ultrasound untuk fetal survey janin apakah ada kelainan ataukah normal-normal saja.

Pernah suatu ketika datang pasien dalam keadaan stress berat ke klinik. Sang pasien menangis di ruang praktek saya dan sang suami pun sangat cemas. Ternyata pasien sedang hamil anak ketiga, umur kehamilan 6 minggu dan menderita cacar. Mereka memaksa untuk dilakukan aborsi karena ketakutan bila sang anak nantinya cacat. Setelah saya melakukan pemeriksaan dan didapatkan kondisi janin baik, maka saya jelaskan ke mereka dan saya anjurkan untuk kehamilan dilanjutkan dengan catatan periksa kehamilan berikutnya harus rutin. Akhirnya mereka setuju untuk dilanjutkan kehamilannya meskipun awalnya dengan rasa cemas dan ketakutan. Tiba saatnya persalinan, sang bayi lahir normal dan sehat berjenis kelamin laki-laki, serta menggenapi dua orang kakanya yang perempuan!!!

Kasus yang lain akan saya sampaikan kutipan dari pasien saya yang kebetulan merupakan peserta Baby Program. Silakan simak kutipannnya….

Ny Yetty Purwanti dan si kecil yang cantik dan sehat


Yetty Purwanti December 31, 2009 at 8:01am

Finally, setelah menunggu selama 4 thn.. tepat sebln setelah ‘anniversary’ kami sy positif hml. Melewati 2x inseminasi & berbagai terapy dan terkena cacar saat hml, akhirnya pd bln oktober 2009 lalu lahirlah putri pertama kami yg bernama ‘Kirana Hananingtyas’ dgn sehat n sem…purna.. Terimakasih ya ALLAH SWT, alhamdulillah wasyukurillah..

Jadi….janganlah cemas…berkonsultasilah dengan dokter kandungan kepercayaan anda bila anda hamil dan terkena cacar
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »

« Newer Posts - Older Posts »