Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘Asi’


…….
Pertanyaan ini seriing banget saya dengar dari pasien-pasien, `Dok, saya udah isi lagi…gimana yah menyusuinya?? Lanjut or stop??`

Hal ini bukan hal yang sepele lho…Karena lingkungan sekitar mulai dari ortu ibu, tetangga, teman, dan sebagainya pasti sibuk kasih komen dan kasih masukan yang malah bikin simpang siur. Banyak yang bilang kalo hamil lagi sedangkan masih menyusui akan menyebabkan keguguran, cacat dan segala macam kemungkinan buruk lainnya. Apakah hal ini benar atau tidak??

Secara medis bila menyusui maka akan memicu produksi hormon yang menyebabkan kontraksi rahim. Ternyata hal tersebut hanyalah teori, karena tidak ditemukan bukti bahwa menyusui selama kehamilan akan menyebabkan gangguan janin, prematuritas, atau keguguran. Jadi bila anda mengalami hal tersebut, maka lanjiutkanlah menyusui dan kehamilannya juga. Hal ini disebut sebagai Tandem Nursing.

Selama ini saya selalu memberikan penjelasan kepada pasien bahwa Tuhan adalah Maha Adil, dan tidak akan Tuhan memutuskan ikatan ibu dan sang kakak saat kehadiran sang adik dalam perut ibu.

Semoga bermanfaat
Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


……………………………………….
Kalau baca judulnya kok kayaknya aneh ya. Tapi saya juga baru tau hal itu lho.


Begini ceritanya, suatu saat ada pasien saya yang habis melahirkan datang periksa ke tempat praktek saya.
Sang ibu bercerita kalau sebelumnya si baby menderita sakit mata, dengan keluhan matanya berair dan banyak tahi matanya. Kemudian, kata orang tuanya, sakit mata tersebut bisa diobati dengan mengoleskan asi ke mata baby. Nah, ga berapa lama kemudian sembuh tuh sakit mata si baby.

Tinjauan secara medis memang hal tsb memungkinkan, karena asi sendiri banyak mengandung antibodi alias kekuatan untuk melawan penyakit.
Sejauh ini sih belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tsb.

O, ya…gimana ya kalo yang sakit mata se-kelurahan???
Repot juga ya ibu menyusui jadinya
Bookmark and Share
……………….

*mohon kalau sudah ada yang mencoba dan punya pengalaman, isi komen dibawah ini ya

Read Full Post »