Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘abortion’


Abigail dan sang mama yang hobi jalan-jalan 🙂


Kehadiran sang buah hati tentu merupakan dambaan dan harapan bagi setiap pasangan. Tetapi, cobaan dan halangan ada saja terjadi selama menjalani kehamilan. Salah satu halangan tersebut adalah keguguran atau abortus. Keguguran adalah keluarnya produk kehamilan jauh hari sebelum waktunya. Angka kejadian keguguran ini memang tidak diketahu secara jelas, dan bahkan disinyalir 80% wanita yang mengalami keguguran tidak menyadari bahwa dirinya mengalami keguguran dan hanya merasa haidnya yang tidak teratur….Nah lo….

Kemungkinan penyebab keguguran itu sendiri bermacam-macam, tapi 90% lebih disebabkan oleh faktor kromosom, yah ibaratnya suatu pabrik yang dalam produksinya juga mengenal istilah produk gagal bukan?? Sedangkan penyebab keguguran sisanya adalah seperti infeksi, trauma, gangguan hormon, penyakit kronik ibu seperti kencing manis, hipertensi, dll.

Nah, bagaimana penanganan selanjutnya wanita yang mengalami keguguran??

Karena penyebab terbanyak lebih dari 90% adalah faktor `gagal produksi`, tentu untuk proses produksi selanjutnya tetap bisa dilaksanakan. `Gagal produksi` disini dijelaskan bahwa bahan baku, mesin produksi dll normal. Lain cerita bila keguguran tersebut disebabkan oleh faktor infeksi, maka untuk persiapan kehamilan berikutnya maka infeksinya perlu dihilangkan. Malah menurut saya, ada sisi positif dari keguguran itu sendiri…Mungkin kayak maksain yah….but for me its worth….Sisi positifnya adalah: 1)terbukti suami dan istri subur, lha jelas bisa hamil; 2) untung kegugurannya masih hamil kecil, coba kalo sempet sampai hamil 9 bulan atau bahkan lahir dan meninggal beberapa lama kemudian…tentu rasa kehilangannya jaaaauuuh lebih besar….ya ga??

Selama ini, pengalaman di klinik, banyak pasien yang setelah mengalami keguguran baik dengan atau tanpa kuretase dan tidak ditemukan penyebab spesifik kegugurannya. Atau kata lain termasuk ke dalam kelompok ‘gagal produksi’. Maka kita langsung melakukan program untuk kehamilan berikutnya. Kenapa hal ini kita lakukan?? Beberapa hal yang diharapkan adalah, dengan kehamilan berikutnya maka bisa `mengobati` stress atau kekecewaan pasien yang masih teringat, terbayang dan terkenang keguguran sebelumnya. Harapan yang lain adalah, pada saat ini pasien dalam keadaan kesuburan yang bagus, dan bila ditunda lebih lanjut tentu bisa terjadi perubahan tingkat kesuburannya.

Banyak pasien pasca keguguran yang bisa langsung hamil, malah ada yang setelah keguguran, saat periksa ulang bulan berikutnya sudah tertawa-tawa…….sambil malu-malu bilang “Hehe..Dok, saya sudah hamil lagi…!”

Berikut ini saya kutipkan tulisan salah satu pasien di Facebook saya.

Miracle for me
Bulan juni 2008 adalah bulan yang terberat untuk saya. hadiah ulang tahun saya menjadi mimpi buruk buat saya dan suami, kehamilan pertama saya yang kami tunggu-tunggu ternyata di vonis tidak bernyawa lagi. Janin umur 3 bulan itu akhirnya harus saya relakan di kuret. Saya tinggal di Dumai, mengetahui saya positif hamil, tentu sangat bahagia, bulan pertama baik-baik saja… bulan kedua baik-baik saja.. bulan ketiga… di cek dokter di dumai menunjukkan gejala yang kurang baik, katanya janin kami tidak bergerak, tetapi malah di kasi obat, katanya dicoba dulu nanti baru lihat lagi kondisinya. Beberapa hari kemudian saya dan suami pergi ke Pekanbaru dengan tujuan hanya refreshing saja dan sekalian merayakan hari ulang tahun saya tanggal 6 juni.. Iseng-iseng saya ke dokter di pekanbaru saja mengingat peralatannya sudah canggih. Datanglah saya ke RS. untuk pertama kali, bingung dokter mana yang saya pilih. akhirnya waktu itu ada papan pengumuman seminar Janin tidak berkembang dengan Dr.Suryo, Akhirnya kami memilih Dokter Suryo. Harap-harap
cemas juga waktu itu, masuk ke ruang praktek, ketemu Dokter Suryo, di Cek, ternyata Babynya sudah meninggal hampir 1 bulan di Perut saya. Langsung Dr. Suryo menyarankan untuk kuret segera karena bisa membahayakan juga. Dr. Suryo memberi kami waktu untuk berfikir kapan mau di laksanakan. Shock bukan main… setelah berfikir, Akhirnya saya Kuret juga, ulang tahun yang sangat menyedihkan seumur hidup saya. tanggal 8 atau 9 juni saya lupa juga ^_^ saya di kuret… takut iya, serem iya..[-_-]”… 1 hari saja saya di RS tanpa menginap trus diperbolehkan pulang. sebelum pulang Dr. Suryo re-check lagi pake USG apakah uda bersih atau belum, ternyata semuanya uda perfect ^_^ dan Dr. Suryo bilang kalau sesudah ini kalau mau program.. langsung aja.. karena hormon masih baik. Karena para Ortu-ortu melarang hihi 3 bulan kosong dulu deh.. di jaga supaya ga hamil ^_^. Kekuatiran suami dan saya juga ada sehabis kuret karena banyak orang yang bilang kalau habis kuret akan sangat sulit punya anak lagi. Saya uda pasrah saja.. kami berfikir kalau tidak hamil juga sampai akhir tahun 08 awal tahun 09 mau program baby sama Dr.Suryo.

Bulan Desember tiba, saya kog ga datang bulan? saya berfikir mungkin karena habis kuret hormon tidak stabil saya diamkan saja. saya tidak tes pack, takut kecewa ntar, 1 minggu berlalu, 2 minggu berlalu, lewatlah 1 bulan, namun gejala2 hamil mulai muncul, namun saya masih ragu “ah ga mungkin secepat ini masa uda langsung hamil?”. 1 bulan lebih lewat kog tak kunjung datang si bulan ^_^. awal januari lewat, Karena bosan di Dumai, saya dan suami berencana jalan-jalan saja ke pekanbaru, sekalian saya mau check sajalah kenapa dengan saya ini kog belom datang bulan apakah hormon saya kacau? Datang ke RS… daftar… kebetulan suami saya mau ke dokter Gigi pula… (mungkin ga berpikiran juga kalau saya hamil) eh ternyata pas giliran saya masuk ke ruang Dr, Suryo, suami saya masih di dalam kamar praktek Dokter gigi. Jadinya saya masuk sendiri deh. Saya mulailah berkeluh kesah, kenapa dengan saya dok, kog belom datang bulan hingga sekarang? ada apa? apakah hormon saya ga stabil. Dr. Suryo langsung bilang coba di cek saja ya bu… (detail sekali ya dok?) hihihi… Di USG deh… ternyataaaaa… “Ibu hamil nih!!!!, udah 6 minggu
janinnya tuh lihat jantungnya detaknya kuat bagus” OH My God.. Oh My God… jadilah saya senyum2 sendiri hahaa… (makasih dok) ternyata uda di beri lagi si kecil. (masi saya simpan dok 3d nya). Selesai di USG berbincang2 sejenak dengan Pak Dokter, suami saya masuk.. langsung di beri tahu deh.. “hamil nih ibu nya uda 6 Minggu” wuowww senengnyaaa…. sayang telat suami saya ga lihat di USG hahaha… tapi gak apa2. Dr. Suryo bilang 1 bulan lagi ya cek up nya… diberilah obat penguat (mengingat history kuret) dan asam folat sama obat mual. Pulang dari RS.ktawa ktiwi sendiri deh kita.. sungguh ga menyangka secepat itu di beri lagi si kecil. Selama kehamilan saya setiap bulan cek up ke DR. Suryo. kehamilan 4 bulan saya pergi jalan-jalan ke malaca naik kapal…lanjut ke singapore naik bus 4 jam bolak balik.. di singapore jalan kaki melulu seharian, suami saya uda agak kuatir taktu saya kecapean ada apa-apa dengan si kecil. sepulang dari jalan-jalan waktunya cek up, suami dan saya H2C (harap-harap cemas) karena perjalan jauh takut kenapa-kenapa dengan si kecil, ternyata pas di USG si kecil asik mengusap2 kepalanya. She’s fine. Kata Dr. Suryo gak apa-apa selama ga ada keluhan.. lalu 2 bulan kemudian ke Jakarta tetapi konsultasi dulu dengan Dr.Suryo.. Boleh kog berangkat naek pesawat… lanjut deh jalan-jalannya… kesana kemari ke mall jalan-jalan… balik dr Jakarta konsul lagi… everything’s fine… sampai bulan ke 8 lebih ternyata nenek suami saya request supaya balik ke Palembang lahirannya mau lihat cicitnya… Oh my god.. hamil uda gede apa bole ya? apakah tidak apa2? Dr. Suryo sungguh berbesar hati (tidak seperti dokter2 kebanyakan menahan- pasien dengan bilang ga bole ato di takut-takuti… (makasih Dok) sebelum decide berangkat. konsul lagi (untung dr.nya ga bosen hihih) ternyata it’s fine…. pdhl uda ga mau pindah ke lain hati nih maunya lahiran sama Dr.Suryo.. ^_^ susah dapet dokter yang kaya Ini hihi.. Bae banget konsul apa aja yg mau di tanya bole di tanya.. ^_^ sampe di PLBG, pindah dokter deh.. recomended Dr. Suryo… tinggal menunggu hari…

tanggal 20-08-2009 jam 20-40 lahir anak saya perempuan “Evangeline Abigail Mikaela” beratnya 3.4kg panjang 49cm sehat dan cantik ^_^ melalui caesar karena tanggal 18-08 check USG ternyata si kecil terlilit tali pusar lehernya padahal sebelumnya posisi baik. Tapi tidak apalah… yang penting si kecil tidak apa-apa ^_^.. Hamil yang kedua ini sungguh tidak ada masalah sama sekali, kata orang rentan kalau sehabis kuret dan sebagainya, tidak sepenuhnya benar.. sehabis kuret susah hamil lagi.. juga ga benar… saya yang sempat ragu awalnya ternyata terbukti tidak.. saya langsung hamil lagi setelah sengaja kosong 3 bulan.. mungkin klo ga sengaja di kosongin uda hamil ya dok? hihih… buat yang pernah di kuret jangan takut..pasti bisa hamil lagi kog…^_^ keep tryin

ditulis oleh mama-nya Abigail

jadi……stress setelah keguguran??? ga perlu deh……. Bookmark and Share

Read Full Post »