Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘7 tahun’



Dalam hidup memang selalu ada masalah, dan manusia harus selalu memaknai apa yang terjadi. Kadang suatu musibah memberikan berkat dan hikmat dikemudian hari, dan sering kali kita tidak menyadari hal tersebut. Lebih sering kita hanya mengeluh, menyesali keadaan, berbuat anarkis (halah emang demo) bahkan paling berat adalah marah sama Tuhan.

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang pasien baby program datang periksa kembali. Kunjungan sebelumnya pasien ingin babyprogram karena baru mempunyai satu anak dan sudah berumur 7 tahun. Dan pasien juga terlihat serius dari keterangan sudah berobatke beberapa dokter. Dari file medical record nampak catatan beberapa obat untuk kesuburan yang sudah saya berikan. Nah saya baca keterangan asisten saya, si pasien sudah terlambat bulan dan dilakukan test pack sudah positif. Artinya pasien hanya sekali datang berobat 3 bulan sebelumnya, dan datang kali kedua sudah hamil. Wah mantap juga nih pikir saya, emang sih sering kali keajaiban Tuhan banyak terjadi dengan pasien babyprogram yang udah puluhan tahun hanya satu kali pertemuan kok bisa hamil (satu contoh Mr Harun 13 tahun). Kembali lagi itulah kuasa Tuhan.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pasien sudah hamil 8 minggu.
Saya: selamat ya pak dan bu, udah berhasil hamil 8 minggu. Termasuk cepat banget langsung hamil nih, kan hanya sekali periksa kemaren.
Pasien: iya dok, alhamdulillah.
Saya: obatnya sudah diminum habis kan yang saya kasih dulu?? siapa tahu karena bapak dan ibu serius menjalani dan juga disiplin minum obatnya jadinya Allah langsung kasih hamil.
Pasien: sebetulnya kami kena musibah sepulang dari berobat kemaren dok. Saat pulang, kami kejambret dan seluruh obat dari dokter hilang semuanya. Saya pun sempat sms copetnya via hp saya yang ada dalam tas kami yang dijambret sebuah himbauan untuk mengembalikan obat yang ada, dan silakan menyimpan semuanya (uang, hp dll). Tapi ngga dibalas sama copetnya dok. Jadinya kita tidak minum obat sama sekali.

Nah lo….bingung kan kok bisa?? Jangan bingung, karena itu semua Allah sudah atur. Jadi kejambret itu nampaknya suatu musibah, namun dibalik musibah itu Allah berikan berkat yang tiada terkira yaitu kehamilan, hadirnya buah hati, kebetulan pula shio naga air yang bagi sebagian orang sangat berharga, dan jawaban setelah dinantikan 7 tahun.

Pelajaran yang didapat adalah, kita harus tetap bersyukur dengan apapun yang terjadi. Yang kita anggap suatu musibah malah bisa berarti suatu awal dari berkat dan karunia Allah yang besar. Dijambret dan kehilangan harta, bersyukur…misal hilang 100 ribu, syukur tidak hilang 200 ribu. Hilang sebuah hp, syukur ngga hilang dua hp. Syukur lebih lebih nyawa masih selamat dan badan tiada tergores. Dengan syukur tersebut, ternyata Allah berikan buah hati alias baby program berhasil tanpa minum sebutir pun obat, walau sudah pernah beberapa kali berobat ke beberapa dokter.

Semoga kisah nyata diatas menjadi bahan pelajaran untuk kita selalu bersyukur dalam segala hal. Jangan mengeluh. Dan apa yang terjadi mungkin adalah yang terbaik untuk kita sekalipun itu suatu musibah.

Advertisements

Read Full Post »


Kembali lagi hadir kisah yang sangat dramatis dan merupakan keajaiban ganda. Salah satu pasien saya, Mrs. Suryani sudah memiliki 2 orang anak perempuan dan yang paling kecil sudah berusia 7 tahun. Lama berusaha untuk hamil lagi dan sudah berupaya dengan berobat ke berbagai tempat termasuk ke Jakarta dan ke Malaysia. Namun tidak kunjung berhasil. Oleh dokter yang menanganinya sudah divonis tidak mungkin hamil karena hasil pemeriksaan hsg diketahui kedua saluran telur buntu atau tersumbat (non patent bilateral).

Saat pertama kali datang ke klinik, Mrs. Suryani sudah dalam keadaan pasrah dan tidak lagi berharap untuk bisa hamil mengingat vonis yang beberapa kali diterimanya. Namun, saya seperti biasa berusaha membangkitkan semangat dan memotivasi. Salah satu kata-kata saya yang sering saya ulang-ulang untuk semua pasien saya adalah, “Bila ibu menghendaki untuk hamil, ok kita akan bantu dengan baby program. Tidak ada jaminan akan berhasil, namun saya percaya Tuhan itu ada. Bila Tuhan menghendaki ibu hamil, tidak ada satu pun yang bisa mengingkarinya.”

Setelah program berjalan 3 bulan, belum juga ada hasil. Saya menyarankan untuk dilakukan tindakan yang lebih serius. Saya minta tolong sejawat saya Dr. Phyu yang sudah biasa menangani slimming program dan akupuntur, karena saya lihat berat badan pasien kurang optimal dan terapi akupuntur sudah terbukti secara medis untuk memperbaiki kesuburan.

Selain itu, saya juga menyarankan pasien untuk tindakan SIS (saline infusion sonohysterography) yaitu tindakan untuk mengetahui dan sekaligus memperbaiki kondisi saluran telur dengan penyemprotan cairan khusus melalui jalan lahir dan dimonitor dengan usg. Ternyata pasien setuju dengan saran saya, dan tindakan SIS tersebut kebetulan dilakukan pada tanggal yang unik 9/9/2009.

Setelah tindakan tersebut, saya sampaikan bahwa kondisinya memang berat untuk bisa hamil. Tapi kita tetap harus berusaha dan jangan menyerah. Karena pengen anak laki-laki, maka juga saya sampaikan strategi agar bisa hamil laki-laki dan juga saya bekali obat untuk mengatur agar kemungkinan laki-laki lebih besar. “Yah, iseng-iseng aja, bu. Siapa tahu kan??”

Waktu demi waktu berselang, tiba-tiba Mrs. Suryani nongol di klinik saya pada tanggal 09/11/2009 dengan keluhan terlambat haid tapi belum ditest kehamilan. Saya ikut grogi dan gemetar saat melakukan pemeriksaan usg. Dan ternyata………sudah ada kantung kehamilan alias HAMIL. Segera kita berikan support agar kehamilan yang ditunggu-tunggu ini bisa bertahan hingga nanti, tidak ragu-ragu, semua obat dan suplemen terbaik kita berikan.

Tak terasa, tiba waktunya sang baby untuk lahir….dan mukjizat kedua berlaku yaitu seorang BABY BOY!!! sesuai dengan harapan kedua orang tua selama ini. Gilbert, nama yang diberikan oleh kedua orang tua yang berbahagia. Kehadiran Gilbert telah membuktikan kepada kita tentang kuasa Tuhan, dan manusia harus selalu berusaha mewujudkan mimpinya. Semoga kelak Gilbert kembali memberikan keajaiban lagi bagi keluarga Mrs. Suryani dan kita semua. Amin Bookmark and Share <!– AddThis Button

Read Full Post »