Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Pregnancy’ Category


Kadang sulit dipercaya, banyak sekali miracle yang hadir disekeliling kita dan itu menandakan Tuhan sulit ditebak keinginan dan kehendak-Nya.
Banyak saya mengalami kejadian pasien lama menanti buah hati, tapi sekalinya hamil eh dapat kembar pula. Tapi kok saya pengen dapat anak kembar, Allah belum ijinkan untuk saat ini ya?? Semoga nanti Allah juga beri saya kesempatan memiliki anak kembar yang sehat, sempurna, lucu dan menggemaskan.

Kisah diatas dimana usaha Mrs Tiurma dan Mr Sadianto dalam babyprogram yang baru berjalan 3 bulan langsung Tuhan approved dengan kehamilan kembar. O ya kalau ingin menyimak kisah lain bisa klik link in> Kisah Baby Program Kembar

Congrat ya buat Mrs Tiurma dan keluarga, Tuhan memberikan kado indah buat anda, semoga 2 putri cantik ini nantinya menjadi anak yang cantik dan berbudi luhur sukses dunia akherat. Amin

Read Full Post »


Bengkak-bengkak akibat `digebukin`..source:http://2.bp.blogspot.com


Kalau menyimak judulnya, sepertinya kita berpikir kok bisa terjadi yah? Namun ternyata hal ini sering saya temukan di klinik. Banyak pasien yang mengalami keguguran berulang dan beberapa kegugurannya mengikuti pola tertentu.
Pola yang bisa terjadi misalnya bila hamil anak perempuan bisa berlangsung aman hingga anak dilahirkan, namun bila hamil anak laki-laki mengalami keguguran dan tidak bisa bertahan hingga lahir.

Kenapa hal ini bisa terjadi??
Janin yang ada merupakan perpaduan antara sumbangan suami 50% dan sumbangan istri 50%. Nah, sumbangan suami tersebut merupakan benda `asing` bagi istri sehingga janin yang ada dalam perut pun bisa diidentifikasi sebagai benda asing atau musuh yang harus diserang. Ini semua terjadi karena si ibu memiliki tentara yang berjaga terhadap serangan `asing`.Kalau tentaranya terlalu galak dan ngga pandang bulu bisa-bisa janin tersebut di`gebukin` oleh tentara tsb.

Bermacam-macam hal bs terjadi dengan rekasi imunologis ibu thd janin tsb. Kadang malah si ibu yang menderita dengan proses tsb spt kita kenal dengan keracunan kehamilan yang dapat berakibat fatal (tekanan darah tinggi/preeklampsia, kejang, paru-paru ibu banjir air) atau yang ringan-ringan aja seperti gatal-gatal, gusi berdarah, bengkak dll. Untuk janin penolakan tsb bisa berakibat berat seperti keguguran, lahir prematur, kulit janin bengkak, jantung bengkak dll.

Bagaimana mengetahui hal tsb??
Pada proses awal pembuahan, sering kali penolakan sudah dimulai saat sperma suami masuk. Ada juga lho yang istri gatal-gatal dari ringan hingga berat gara-gara kalah kena sperma suami. Adapula yang sperma suami begitu masuk ke dalam saluran genital istri langsung mati. Untuk hal-hal tsb salah satu caranya adalah dengan melakukan hubungan suami istri (coitus) sesering mungkin alias setiap hari. Dengan berhubungan tiap hari makan tubuh istri akan makin akrab dengan sperma suami atau istilahnya desensitisasi. Kalau diibaratkan, bila ada tetangga yang ngga pernah gaul-tiba-tiba masuk ke rumah kita tentu kita ngga kenal dan bisa-bisa digebukin.Tapi kalau tiap hari jumpa dan akrab, wah masuk sampai dapur pun monggo aja.

Dasar penolakan lain yang bisa terjadi adalah perbedaan golongan darah baik sistem ABO ataupun Rhesus atau istilahnya adalah incomptability. Pemeriksaan laboratorium bisa membantu mengetahui hal ini tmasuk dengan melakukan pemeriksaan khusus (ANA, ACA, Anti DS Dna, dll)

Nah untuk mereka yang mengalami hal-hal tsb diatas, jangan cemas ya.Coba lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter kandungan dan diskusikan bagaimana strategi untuk mengatasinya. Btw, banyak juga tuh pasien yang bisa berhasil setelah mengalami keguguran. Dan yang paling berat ada yang 7 kali keguguran sebelum berhasil pada kehamilan ke 8. Ada tuh kisahnya di website/blog ini.

Semoga bisa membantu dan salam sukses.
follow my twit @drsuryo

Read Full Post »


Mr Andre Supriyatno-Mrs Amy Laura, tinggal di Kandis sekitar 3-4 jam perjalanan dari Pekanbaru, pertama kali jumpa dengan saya hampir 3 tahun yang lalu. Anak pertama, Siti Azzahra, lahir secara sesar karena sungsang di Medan. Saat kehamilan kedua, Mrs Amy ingin sekali melahirkan secara normal, dan tentu kita akan support untuk bisa melahirkan normal dengan beberapa syarat tentunya seperti: ukuran janin masih proporsional, kepala dibawah, dinding rahim bagus dan tidak terlalu tipis, penurunan kepala bagus dll.

Ternyata proses persalinan anak kedua, Ahmad Ali Azzuhro, dapat berjalan dengan lancar serta ibu dan bayi dalam keadaan sehat. Begitupun dengan anak berikutnya Aqidatul Izzati juga lancar saat menjalani VBAC. Saat persalinan Aqidatul, Mrs Amy malah sempat minta waktu bersantai dulu karena merasa kurang tenaga, minta ditunda dulu untuk pemecahan ketubannya so persalinan mundur sekitar 12 jam dari prediksi.

Hanya satu hal yang tidak berubah yang terjadi pada kedua proses persalinan tersebut, yaitu si ibu menarik kuat-kuat rambut sang suami. Sehingga saya prediksikan bila sempat nambah 3 anak lagi maka bisa-bisa botak nih Mr Andre.

Selamat ya buat Mrs Amy Laura dan Mr Andre, sudah merasakan melahirkan secara operasi dan normal, dan mendapatkan 3 buah hati yang sehat, lucu, sempurna.

Read Full Post »



Message from Mrs Melly Yonnita:
Assalammualaikum Dok……Saya sekarang sangat bahagia sekali karna saya mendapatkan buah hati yang ke 2 anak yang cantik dan lucu.Sudah 12 tahun saya tunggu tunggu.Ini semua berkat bantuan,perhatian dan arahan dokter kepada saya.Saya mengucapkan banyak banyak terima kasih atas perhatian dokter kepada saya ,hanya tuhan yang akan membalas kebaikan dokter dan saya mendoakan semoga dokter dan keluarga sehat selalu dan bahagia.AMIN.SEKALI LAGI TERIMA KASIH BANYAK DOKTER SURYO.

Pasangan Mrs Mela dan Mr Efrison ini adalah salah satu pasien yang mendapatkan miracle…Pasangan ini baru memiliki 1 orang anak laki-laki yang sudah berusia 12 tahun namun si adik kok ngga pernah nongol-nongol juga.
Datang ke klinik pertama kali dan mantap menjalani baby program…bulan berikutnya sudah hamil!!! Itulah bila Tuhan menghendaki, apapun bisa terjadi seketika.
Selama kehamilan sangat disiplin menjalankan arahan, sehingga gula darah yang biasanya hampir 300 mg/dl bisa terkontrol bahkan suntikan insulinnya pun bisa dihentikan.
Persalinan normal bisa dilaksanakan dan hasilnya seorang baby girl..lengkap sudah sepasang ya..
Saat periksa ulang bawa bingkisan rendang spesial yang mantap…gimana ngga mantap lha Mrs Mela adalah pemilik resto padang `AMBO` di jl Harapan Raya, Pekanbaru..Pengin cicipin?? Silakan langsung ke TKP

Read Full Post »


Sering kali pasien menjadi putus asa dan patah harapan tatkala harus mendengar vonis dari dokter untuk menjalani kuretase. Banyak juga awam yang berpendapat bahwa setelah dikuret jadi sulit untuk hamil dan masih jauh impian untuk mendapatkan buah hati. Hal itu tidak benar sama sekali. Beberapa waktu yang lalu, dalam waktu yang berdekatan ada pasien baby program yang kebetulan juga perjalanannya hampir sama, yaitu sebelumnya menjalani tindakan kuretase dan ternyata bisa langsung kurang dari 3 bulan untuk hamil lagi.

Pasangan yang berbahagia tersebut adalah pasangan Dr. Vandra-Mrs Devi dan pasangan Mrs Sarmawati-Mr Hafiz. Saya mengucapkan selamat atas kehadiran sang buah hati, semoga kelak menjadi anak yang berbakti dan sukses dunia akherat. Semoga juga kisah kelahiran mereka menjadi motivator dan inspirator bagi keluarga yang lain yang mengalami hal yang sama. Amin.

Beberapa kisah yang lain bisa anda simak di halaman lain.

Read Full Post »


Mrs Yeni dan suami adalah pasien spesial saya, foto ini adalah saat berkunjung ke klinik setelah persalinan anak kedua. Nah, si kecil di foto tersebut adalah buah hati yang hadir melalui baby program.
Kepada Mrs Yeni, saya mengucapkan selamat atas kehadiran dua buah hati-nya…Semoga kelak, mereka tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, berbakti kepada orang tua, dan sukses segalanya. Amin.

Yenny Rahmi
sempat konsul ma dokter laen,,,eeehh ujung2nya ballik lagi ke dokter suryo,,emang dokter suryo paling d’best lahhh..:)
Wednesday at 7:48pm · UnlikeLike · Comment · View Feedback (7)Hide Feedback (7) · See Friendship

Read Full Post »


Kembali lagi hadir kisah yang sangat dramatis dan merupakan keajaiban ganda. Salah satu pasien saya, Mrs. Suryani sudah memiliki 2 orang anak perempuan dan yang paling kecil sudah berusia 7 tahun. Lama berusaha untuk hamil lagi dan sudah berupaya dengan berobat ke berbagai tempat termasuk ke Jakarta dan ke Malaysia. Namun tidak kunjung berhasil. Oleh dokter yang menanganinya sudah divonis tidak mungkin hamil karena hasil pemeriksaan hsg diketahui kedua saluran telur buntu atau tersumbat (non patent bilateral).

Saat pertama kali datang ke klinik, Mrs. Suryani sudah dalam keadaan pasrah dan tidak lagi berharap untuk bisa hamil mengingat vonis yang beberapa kali diterimanya. Namun, saya seperti biasa berusaha membangkitkan semangat dan memotivasi. Salah satu kata-kata saya yang sering saya ulang-ulang untuk semua pasien saya adalah, “Bila ibu menghendaki untuk hamil, ok kita akan bantu dengan baby program. Tidak ada jaminan akan berhasil, namun saya percaya Tuhan itu ada. Bila Tuhan menghendaki ibu hamil, tidak ada satu pun yang bisa mengingkarinya.”

Setelah program berjalan 3 bulan, belum juga ada hasil. Saya menyarankan untuk dilakukan tindakan yang lebih serius. Saya minta tolong sejawat saya Dr. Phyu yang sudah biasa menangani slimming program dan akupuntur, karena saya lihat berat badan pasien kurang optimal dan terapi akupuntur sudah terbukti secara medis untuk memperbaiki kesuburan.

Selain itu, saya juga menyarankan pasien untuk tindakan SIS (saline infusion sonohysterography) yaitu tindakan untuk mengetahui dan sekaligus memperbaiki kondisi saluran telur dengan penyemprotan cairan khusus melalui jalan lahir dan dimonitor dengan usg. Ternyata pasien setuju dengan saran saya, dan tindakan SIS tersebut kebetulan dilakukan pada tanggal yang unik 9/9/2009.

Setelah tindakan tersebut, saya sampaikan bahwa kondisinya memang berat untuk bisa hamil. Tapi kita tetap harus berusaha dan jangan menyerah. Karena pengen anak laki-laki, maka juga saya sampaikan strategi agar bisa hamil laki-laki dan juga saya bekali obat untuk mengatur agar kemungkinan laki-laki lebih besar. “Yah, iseng-iseng aja, bu. Siapa tahu kan??”

Waktu demi waktu berselang, tiba-tiba Mrs. Suryani nongol di klinik saya pada tanggal 09/11/2009 dengan keluhan terlambat haid tapi belum ditest kehamilan. Saya ikut grogi dan gemetar saat melakukan pemeriksaan usg. Dan ternyata………sudah ada kantung kehamilan alias HAMIL. Segera kita berikan support agar kehamilan yang ditunggu-tunggu ini bisa bertahan hingga nanti, tidak ragu-ragu, semua obat dan suplemen terbaik kita berikan.

Tak terasa, tiba waktunya sang baby untuk lahir….dan mukjizat kedua berlaku yaitu seorang BABY BOY!!! sesuai dengan harapan kedua orang tua selama ini. Gilbert, nama yang diberikan oleh kedua orang tua yang berbahagia. Kehadiran Gilbert telah membuktikan kepada kita tentang kuasa Tuhan, dan manusia harus selalu berusaha mewujudkan mimpinya. Semoga kelak Gilbert kembali memberikan keajaiban lagi bagi keluarga Mrs. Suryani dan kita semua. Amin Bookmark and Share <!– AddThis Button

Read Full Post »

Older Posts »