Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Ingin Hamil’ Category


Beberapa waktu yang lalu, saya menerima sms dari salah satu pasien saya yang `hilang` dan sekarang tinggal dii luar Pekanbaru. Berikut ini isi sms tsb:

Selamat siang dokter Suryo. Terimakasi sdh menolong saya dlm operasi pengambilan mioma di sept 2008 dg baik shg rahim saya msh ttp ada &baik shg saat ini saya dpt hamil anak pertama saya dan sudah jalan 9bulan shg diren canakan akhr April ini saya mjalani operasi caesar utk kelahiran anak kami. Mohon doanya&terima kasih bnyk utk ptolongan dokter Suryo.

Saya sangat ingat mengenai pasien tsb, bahkan bagaimana tindakan operasi saat itu pun saya ingat dengan detil karena memang itu adalah kondisi yang khusus dan boleh dikatakan berat. Saya kemudian buka lagi file saya tentang operasi tsb, dan memang benar pasien tsb dengan kondisi yang berat. Kondisi rahim pada saat itu dengan mioma jenis yang sulit (adenomiosis), sehingga biasanya untuk kondisi tersebut dilakukan pengangkatan rahim karena dianggap sulit bahkan hampir tidak mungkin bisa hamil.


Foto diatas saya simpan di album face book saya pada Februari 2009, dengan keterangan bahwa tindakan ini dilakukan walaupun sulit dan ada risiko operasi ulang bila tumbuh lagi namun siapa tahu bisa hamil. Karena pasien pada saat operasi masih single dan dalam waktu dekat akan menikah. Tentunya saat operasi pun sudah dijelaskan bahwa pasien harus siap bila kondisi mengharuskan rahimnya diangkat sekali pun. Operasi berjalan lancar dan rahim tidak perlu harus diangkat, dalam operasi yang berlangsung sanat alot dan memakan waktu hampir 3 jam untuk memberihkan adenomyosisnya plus rekonstruksi atau membentuk ulang rahim kembali. Saya bahkan masih ingat saat setelah operasi saya saking kecapean minum dan istirahat di kafe eh ketemu dengan keluarga pasien tsb hingga berbincang cukup lama juga padahal sudah lewat tengah malam dan kondisi gerimis mengundang.

Ternyata, satu tahun lebih kemudian pasien benar-benar hamil, dan saya sempat tercenung membayangkan kondisi rahim saat itu. Kok bisa juga ya hamil…..
Pelajaran yang dipetik adalah, jangan memvonis seseorang tidak mungkin hamil dan sebaliknya jangan menjamin seseorang bisa pasti hamil.
Karena kita hanyalah manusia yang lemah dan terbatas, dan hanya Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Maha Berkehendak. Saya juga berdoa semoga proses persalinan caesar nanti bisa berjalan lancar dan ibu dan bayi seha, Amin.
Beberapa tulisan saya tentang miom antara lain:
Myoma Uteri, Tumor Jinak Yang Menyebalkan (Uterine fibroid, Uterine Myoma, Adenomiosis)
Jagalah Rahim, Jangan Kau Singkirkan

Advertisements

Read Full Post »


Sering kali pasien menjadi putus asa dan patah harapan tatkala harus mendengar vonis dari dokter untuk menjalani kuretase. Banyak juga awam yang berpendapat bahwa setelah dikuret jadi sulit untuk hamil dan masih jauh impian untuk mendapatkan buah hati. Hal itu tidak benar sama sekali. Beberapa waktu yang lalu, dalam waktu yang berdekatan ada pasien baby program yang kebetulan juga perjalanannya hampir sama, yaitu sebelumnya menjalani tindakan kuretase dan ternyata bisa langsung kurang dari 3 bulan untuk hamil lagi.

Pasangan yang berbahagia tersebut adalah pasangan Dr. Vandra-Mrs Devi dan pasangan Mrs Sarmawati-Mr Hafiz. Saya mengucapkan selamat atas kehadiran sang buah hati, semoga kelak menjadi anak yang berbakti dan sukses dunia akherat. Semoga juga kisah kelahiran mereka menjadi motivator dan inspirator bagi keluarga yang lain yang mengalami hal yang sama. Amin.

Beberapa kisah yang lain bisa anda simak di halaman lain.

Read Full Post »


Mrs Yeni dan suami adalah pasien spesial saya, foto ini adalah saat berkunjung ke klinik setelah persalinan anak kedua. Nah, si kecil di foto tersebut adalah buah hati yang hadir melalui baby program.
Kepada Mrs Yeni, saya mengucapkan selamat atas kehadiran dua buah hati-nya…Semoga kelak, mereka tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, berbakti kepada orang tua, dan sukses segalanya. Amin.

Yenny Rahmi
sempat konsul ma dokter laen,,,eeehh ujung2nya ballik lagi ke dokter suryo,,emang dokter suryo paling d’best lahhh..:)
Wednesday at 7:48pm · UnlikeLike · Comment · View Feedback (7)Hide Feedback (7) · See Friendship

Read Full Post »


Ucap syukur kehadirat Allah Penguasa Semesta Alam yang telah mengijinkan hadirnya si kecil buah hati Mrs Musrizalma melalui baby program. Semoga si kecil akan menjadi anak yang berbakti dan sukses dunia akherat. Amin

Read Full Post »



by Dewi Mayang Rachmadano on Wednesday, October 20, 2010 at 2:00pm


23 September 2009
Kaki kanan terasa sakit,pegal-pegal…..

24 september 2009 (lebaran hari ke 4)
pagi : perut sebelah kanan terasa sakit

siang : semakin kuat sakitnya..dah dibawa tidur,kok masih sakit ya…. jangan-jangan sakit usus buntu nih

pukul 15 : ke rumah sakit….karena jam praktek dah lewat, ke UGD aja periksanya. diperiksa sama dokter jaga…sama dokter jaga di periksa labor….hasil labornya ga ada menunjukkan gejala usus buntu..disarankan tuk ronsen….waduh kalo ga usus buntu jangan-jangan hamil….tapi ga mungkin ah..kan pake alat kontrasepsi…tapi pengen juga periksa ke dokter kandungan, mana tau IUD nya salah letak….

nah pulang dari rumah sakit, sekitar jam 4 sore, kita menuju ke tempat praktek dr suryo,tapi dokter belum datang.

pukul 17.00 : udah sampe ke tempat praktek dokter suryo….periksa deh…di USG transvaginal….ternyata ditemui ada kantong di saluran indung telur sebelah kanan..kata dr suryo ada 2 kemungkinan kalo ga kista atau hamil….nah lo….disuruh test pake test pack dulu.

hasil test pack : dua garis yang artinya hamil….tapi hamilnya ga ditempatnya a.k.a hamil di luar rahim…duh jadi gimana ini?kata dr suryo ada 3 cara, yang pertama di operasi (dengar operasi takut juga), yang kedua di suntik (semakin ga jelas penjelasan karna mikirin operasi), dan yang ketiga di biarin aja (what? setau saya sih menurut yang pernah dibaca lebih baik di operasi)….

akhirnya diputuskan dioperasi saja, dr suryo kasi kebebasan menentukan hari apa operasinya….diminta hari sabtu pagi aja (waktu itu hari kamis)…dibuatin surat pengantarnya…dan pulang deh..

Di Rumah : semakin sakit…ga kuat lagi…..saya minta suami tuk menelpon dr suryo tuk ubah jadwal operasi menjadi malam itu juga……akhirnya malam itu juga ke rumah sakit dan dioperasi juga…..

25 september 2009

akhirnya selesai juga…..hari ini hidup hanya dengan sebelah saja ovarium dan salurannya……waktu dr suryo visit….dokter memberikan semangat…bahwa pasca operasi ini langsung aja hamil….bisa kok lahir normal nantinya (kata dr suryo)…..

akhir bulan desember 2009
Telat haid…..pake test pack hasilnya 2 garis…langsung aja periksa ke dokter….dan alhamdulillah saya pun hamil lagi…..

Bisa dibilang pada kehamilan ini tidak seperti kehamilan pertama dulu…kehamilan ini agak cuek….

Agustus 2010
Kontrol ke dr.suryo…..dan dokter lagi-lagi kasi semangat tuk bisa melahirkan normal…..

23 agustus 2010
semula hanya ingin kontrol aja…tapi sewaktu diperiksa dah bukaan 2-3..makanya di minta tuk stay di rumah sakit aja…yang buat senang….jam 10.30 m alam dr.suryo masih menyempatkan diri tuk kontrol bukaan saya…jelas aja senang…beda ama melahirkan pertama dulu yang semua diserahkan ke bidan dan waktu brojolnya aja ketemu dokternya….lagi-lagi dikasi semangat tuk mlahirkan normal..

dan 24 Agustus 2010 pukul 02.50 ….. alhamdulillah akhirnya lahir juga bayi laki-laki melalui proses normal….

Terima kasih ya dr.suryo….mulai dari penanganan operasi sampai memberi penguatan tuk melahirkan normal dan sampai proses melahirkan….kita jumpa lagi nanti ya dok tuk program baby girl nya….

Banyak yang bertanya-tanya apakah gpp setelah operasi di luar rahim kemudian melahirkan normal. saya telah membuktikannya bahwa semua itu gpp….dan yang penting tetap berdoa kepada Allah agar persalinan bisa lancar.amin…. Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


Entah kebetulan atau tidak, tapi yang pasti semuanya atas kehendak Allah. Banyak pasien saya yang mengikuti program hamil setelah menjalani operasi diluar rahim, dan banyak yang berhasil hamil. Sayang memang tidak semuanya mau menuliskan dan sharing pengalamannya, padahal ini sangat bermanfaat untuk memberikan motivasi bagi wanita yang masih mendambakan buah hati namun satu saluran telurnya sudah tidak ada.
Apresiasi saya untuk mamanya Galih yang mau membagi kisahnya untuk kita semua. Semoga kisah ini bisa bermanfaat dan niat baik mamanya Galih juga akan mendapat balasan yang baik dari Allah. Amin

Sri Hastuti October 17 at 9:36am Report
Alhamdulillah.. Dan terima kasih kpd dr suryo yg telah membantu kami dari sebelum hamil, saat hamil hingga sy melahirkan.
Kami telah menikah sejak th 2006, dan awalnya kami kenal dr suryo krn saran dari teman. sebelumnya sy pernah hamill di luar rahim, dan dokter ygg dulu menyarankan jangan hamil dulu min 6 bln kedepan. Eh malah 2 th sejak operasi sy blm jg hamil, sudah bolak balik ke dokter tp gak hamil2 jg. Agak putus asa jg sih, tp ya sudahlah..ditunggu aja. kalo rejeki pasti tuhan kasih.
Kebetulan ada teman yg jg pernah hamil di luar rahim operasi dg dr suryo, eh malah lgsg hamil lg dan skrg sdh mlahirkan scara normal pula.
Lalu kami mendatangi dr suryo dan menceritakan semuanya, kalo saluran telur sy tinggal satu. Lalu dr suryo mengatakn “tenang aja, ibu masih bs hamil meski hanya satu saluran telur”. Cukup melegakan jg.
Untuk memulai program dr suryo menyuruh sy 1) kurangi berat badan ±2-3 kg, ok dok gampang itu; 2) berhubungan tiap hari. Ya ampyun dok, setiap hari?? Pulang kerja aja kadang udah capek. Tp ya diusahain deh…
Ntah knp sy yakin kalo usaha kami kali ini dg dr suryo pasti berhasil, dan sy slalu berdoa untuk itu. Setelah beberapa bln konsul alhamdulillah sy bs hamil jg.

Sangat menyenangkan saat hamil, apalagi saat melihat usg janin setiap bulannya. Dr suryo selalu menyakinkan sy untuk bs melahirkan secara normal. Berat badan jg tidak boleh naik terlalu banyak.
Sampai saat hamil besar jg tak ada keluhan yang terlalu mengganggu, palingan hanya pegal2. Dan yang kt orang kalo kaki pasti jadi bengkak, sy nggak tuh. Smua masih spt biasa. Pada hari2 terakhir kehamilan, pd lebaraan pertama jg kedua, sy masih asik jalan2 berlebaran dari pagi ampe malam. Dan dilebaran ketiga, hari minggu tgl 12 sept 2010 alhamdulillah lahirlah melalui persalinan normal putra pertama kami yg kami beri nama : I GUSTI PUTU GALIH AZKA.
Melahirkan secara normal, sakit memang, tp cuma sebentar. Begitu keluar dari kamar bersalin bs lgsg pesbuk-an. Hehe…
Dan yg buat sy makin senang, berat badan sy cepat kembali normal (mudah2an skrg gak naik lg)..
Makasi ya dok atas semuanya…

Semoga Galih akan selalu membawa kebahagiaan bagi papa dan mamanya, serta seluruh umat manusia. Amin. Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


Perjuangan yang panjang dan berat telah dilalui oleh Mrs Pawati dan Mr Heri. Saat pertama kali datang periksa, ingin menambah momongan karena Fadil, si abang telah berusia 8 tahun. Dari hasil pemeriksaan ternyata ditemukan adanya kista indung telur yang berukuran diatas 7 cm. Pilihan yang terbaik saat itu tentunya dilakukan operasi dan langsung diupayakan baby program.

Setelah dipikirkan secara matang, pasien dan suami setuju untuk menjalani operasi. Pada saat operasi selain ditemukannya kista, juga ditemukannya kondisi yang cukup berat yaitu rahimnya ganda, satu besar dan satu lagi kecil. Selain itu juga ditemukan adanya perlengketan yang berat antara rahim, indung telur dan organ sekitar seperti usus. Usaha yang dilakukan saat itu adalah mengangkat kista, dan membebaskan perlengketan dengan harapan meningkatkan kemungkinan untuk bisa hamil. Setelah mendapat penjelasan, Mrs Pawati hanya berkomentar singkat, ` Sepertinya butuh mukjizat buat saya bisa hamil ya, dok`.

`Tiada hal yang tidak mungkin, bila Tuhan menghendaki. Jadi, mari kita tetap berusaha ya,bu. Siapa tahu bisa hamil`. Ternyata Mrs Pawati dan suami tetap rutin berobat menjalani baby program, tiada rasa stress atau mengeluh, malah sebaliknya tiap datang dengan senyum dan hati gembira. Kata-kata yang sering saya dengar hanyalah, `Jangan bosan-bosan lihat saya datang ya, dok`.

Luar biasa, kira-kira setahun setelah operasi, Mrs Pawati dan suami datang karena telah telat haid dan dites hasilnya positif. Dari hasil pemeriksaan, ternyata memang hamil…….., namun kehamilannya ternyata menempati rahim yang kecil, dan bukan rahim yang besar. Sekilas, gambaran yang didapatkan seperti kehamilan diluar rahim.

Nampak sperti rahim `kosong` dan janin berada di luar rahim

Risiko yang mungkin terjadi tentunya adalah rahim yang kecil tersebut tidak cukup besar didiami janin hingga ukuran normal tercapai. Namun hati saya sedikit tenang melihat semangat dan kepatuhan Mrs Pawati dalam mengikuti semua instruksi dan jadwal pemeriksaan. Akhirnya, sang buah hati yang lama dinantikan bisa hadir sehat, selamat dan sempurna.

Kisah diatas menambah lagi kisah yang menakjubkan akan `mukjizat` Allah. Janganlah kita berputus-asa, dan berhenti berusaha, karena bila Allah menghendaki, tiada hal yang tidak mungkin.

Semoga sang buah hati nantinya akan memberikan kebahagiaan untuk Mrs Pawati dan keluarga, serta umat manusia. Bookmark and Share <!– AddThis Button

Read Full Post »

« Newer Posts - Older Posts »