Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘hsg’


Entah kebetulan atau tidak, tapi yang pasti semuanya atas kehendak Allah. Banyak pasien saya yang mengikuti program hamil setelah menjalani operasi diluar rahim, dan banyak yang berhasil hamil. Sayang memang tidak semuanya mau menuliskan dan sharing pengalamannya, padahal ini sangat bermanfaat untuk memberikan motivasi bagi wanita yang masih mendambakan buah hati namun satu saluran telurnya sudah tidak ada.
Apresiasi saya untuk mamanya Galih yang mau membagi kisahnya untuk kita semua. Semoga kisah ini bisa bermanfaat dan niat baik mamanya Galih juga akan mendapat balasan yang baik dari Allah. Amin

Sri Hastuti October 17 at 9:36am Report
Alhamdulillah.. Dan terima kasih kpd dr suryo yg telah membantu kami dari sebelum hamil, saat hamil hingga sy melahirkan.
Kami telah menikah sejak th 2006, dan awalnya kami kenal dr suryo krn saran dari teman. sebelumnya sy pernah hamill di luar rahim, dan dokter ygg dulu menyarankan jangan hamil dulu min 6 bln kedepan. Eh malah 2 th sejak operasi sy blm jg hamil, sudah bolak balik ke dokter tp gak hamil2 jg. Agak putus asa jg sih, tp ya sudahlah..ditunggu aja. kalo rejeki pasti tuhan kasih.
Kebetulan ada teman yg jg pernah hamil di luar rahim operasi dg dr suryo, eh malah lgsg hamil lg dan skrg sdh mlahirkan scara normal pula.
Lalu kami mendatangi dr suryo dan menceritakan semuanya, kalo saluran telur sy tinggal satu. Lalu dr suryo mengatakn “tenang aja, ibu masih bs hamil meski hanya satu saluran telur”. Cukup melegakan jg.
Untuk memulai program dr suryo menyuruh sy 1) kurangi berat badan ±2-3 kg, ok dok gampang itu; 2) berhubungan tiap hari. Ya ampyun dok, setiap hari?? Pulang kerja aja kadang udah capek. Tp ya diusahain deh…
Ntah knp sy yakin kalo usaha kami kali ini dg dr suryo pasti berhasil, dan sy slalu berdoa untuk itu. Setelah beberapa bln konsul alhamdulillah sy bs hamil jg.

Sangat menyenangkan saat hamil, apalagi saat melihat usg janin setiap bulannya. Dr suryo selalu menyakinkan sy untuk bs melahirkan secara normal. Berat badan jg tidak boleh naik terlalu banyak.
Sampai saat hamil besar jg tak ada keluhan yang terlalu mengganggu, palingan hanya pegal2. Dan yang kt orang kalo kaki pasti jadi bengkak, sy nggak tuh. Smua masih spt biasa. Pada hari2 terakhir kehamilan, pd lebaraan pertama jg kedua, sy masih asik jalan2 berlebaran dari pagi ampe malam. Dan dilebaran ketiga, hari minggu tgl 12 sept 2010 alhamdulillah lahirlah melalui persalinan normal putra pertama kami yg kami beri nama : I GUSTI PUTU GALIH AZKA.
Melahirkan secara normal, sakit memang, tp cuma sebentar. Begitu keluar dari kamar bersalin bs lgsg pesbuk-an. Hehe…
Dan yg buat sy makin senang, berat badan sy cepat kembali normal (mudah2an skrg gak naik lg)..
Makasi ya dok atas semuanya…

Semoga Galih akan selalu membawa kebahagiaan bagi papa dan mamanya, serta seluruh umat manusia. Amin. Bookmark and Share
……………….

Read Full Post »


Kembali lagi hadir kisah yang sangat dramatis dan merupakan keajaiban ganda. Salah satu pasien saya, Mrs. Suryani sudah memiliki 2 orang anak perempuan dan yang paling kecil sudah berusia 7 tahun. Lama berusaha untuk hamil lagi dan sudah berupaya dengan berobat ke berbagai tempat termasuk ke Jakarta dan ke Malaysia. Namun tidak kunjung berhasil. Oleh dokter yang menanganinya sudah divonis tidak mungkin hamil karena hasil pemeriksaan hsg diketahui kedua saluran telur buntu atau tersumbat (non patent bilateral).

Saat pertama kali datang ke klinik, Mrs. Suryani sudah dalam keadaan pasrah dan tidak lagi berharap untuk bisa hamil mengingat vonis yang beberapa kali diterimanya. Namun, saya seperti biasa berusaha membangkitkan semangat dan memotivasi. Salah satu kata-kata saya yang sering saya ulang-ulang untuk semua pasien saya adalah, “Bila ibu menghendaki untuk hamil, ok kita akan bantu dengan baby program. Tidak ada jaminan akan berhasil, namun saya percaya Tuhan itu ada. Bila Tuhan menghendaki ibu hamil, tidak ada satu pun yang bisa mengingkarinya.”

Setelah program berjalan 3 bulan, belum juga ada hasil. Saya menyarankan untuk dilakukan tindakan yang lebih serius. Saya minta tolong sejawat saya Dr. Phyu yang sudah biasa menangani slimming program dan akupuntur, karena saya lihat berat badan pasien kurang optimal dan terapi akupuntur sudah terbukti secara medis untuk memperbaiki kesuburan.

Selain itu, saya juga menyarankan pasien untuk tindakan SIS (saline infusion sonohysterography) yaitu tindakan untuk mengetahui dan sekaligus memperbaiki kondisi saluran telur dengan penyemprotan cairan khusus melalui jalan lahir dan dimonitor dengan usg. Ternyata pasien setuju dengan saran saya, dan tindakan SIS tersebut kebetulan dilakukan pada tanggal yang unik 9/9/2009.

Setelah tindakan tersebut, saya sampaikan bahwa kondisinya memang berat untuk bisa hamil. Tapi kita tetap harus berusaha dan jangan menyerah. Karena pengen anak laki-laki, maka juga saya sampaikan strategi agar bisa hamil laki-laki dan juga saya bekali obat untuk mengatur agar kemungkinan laki-laki lebih besar. “Yah, iseng-iseng aja, bu. Siapa tahu kan??”

Waktu demi waktu berselang, tiba-tiba Mrs. Suryani nongol di klinik saya pada tanggal 09/11/2009 dengan keluhan terlambat haid tapi belum ditest kehamilan. Saya ikut grogi dan gemetar saat melakukan pemeriksaan usg. Dan ternyata………sudah ada kantung kehamilan alias HAMIL. Segera kita berikan support agar kehamilan yang ditunggu-tunggu ini bisa bertahan hingga nanti, tidak ragu-ragu, semua obat dan suplemen terbaik kita berikan.

Tak terasa, tiba waktunya sang baby untuk lahir….dan mukjizat kedua berlaku yaitu seorang BABY BOY!!! sesuai dengan harapan kedua orang tua selama ini. Gilbert, nama yang diberikan oleh kedua orang tua yang berbahagia. Kehadiran Gilbert telah membuktikan kepada kita tentang kuasa Tuhan, dan manusia harus selalu berusaha mewujudkan mimpinya. Semoga kelak Gilbert kembali memberikan keajaiban lagi bagi keluarga Mrs. Suryani dan kita semua. Amin Bookmark and Share <!– AddThis Button

Read Full Post »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 914 other followers